LSM Ancam Demo, Kepala Kajari Empat Lawang : Kami Siap Panas Kuping

 277 total views,  4 views today

EMPAT LAWANG – Berkembangnya rencana aksi demo sejumlah Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) ke kantor Kejaksaan Negeri (Kajari) Tebing Tinggi Empat Lawang, mendapat tanggapan dingin Kepala Kajari Empat Lawang, Azwad Z Hakim.

Menurut Azwad, pihaknya siap “panas telinga dan panas hati” jika harus mendengar celoteh dan tuntutan para LSM terkait kinerja selama bertugas di bumi saling keruani sangi kerawati. Sebab, dirinya meyakini sudah melaksanakan tugas dan fungsi semaksimal mungkin, sesuai dengan ketentuan dan aturan.

“Mau demo silahkan, asal sesuai ketentuan dan tidak merusak fasilitas umum. Apalagi anarkis, kami bisa memproses secara hukum kalau ada yang bertindak kasar,” jelas Azwad, dibincangi sejumlah awak media, baru baru ini.

Informasi ada rencana demo para LSM sendiri sebutnya, sudah didapat beberapa waktu lalu. Namun sejauh ini belum ada informasi lanjutan terkait rencana tersebut, bahkan ada beberapa LSM sudah berbincang dengannya dan tidak menyinggung terkait aksi demo.

Namun imbuhnya, tidak ada larangan untuk demo, untuk menyuarakan tuntutan dan aspirasi masyarakat.

“Saya juga kenal dengan orang yang biasa demo, dan tidak ada alasan kami melarang. Ya kalau “panas kuping dan panas hati” itu biasa. Toh, sebelumnya waktu bertugas di Kajati saya juga sering menghadapi demo,” ungkap Azwad menambahkan, jika ada demo berarti tidak puas, kita juga perlu tahu kenapa tidak puas tersebut.

Mengenai kinerja aku Azwad, sudah dijalankan maksimal semua jajaran. Jika ada ketidak puasan, itu hal biasa karena mungkin ada kesalah pahaman. Sebab, tidak semua laporan baik dari masyarakat, LSM atau lainnya harus di proses sampai pengadilan, karena kadang setelah dilakukan kroscek tidak ada bukti pelanggaran. Contoh saja, warga melaporkan kades diduga menilap gaji BPD sejumlah Rp 2 juta. Setelah di kroscek, uang sudah dibayarkan kades.

Contoh lainnya beber Azwad, kadang pelapor tidak bisa dikonfirmasi lagi. Beberapa kali dihubungi tidak bisa, seperti melempar surat kaleng. Padahal katanya, jangankan laporan informasi dari media cetak pun kami tindak lanjuti.

“Yang terbit di koran pun kami kliping, sebagai laporan awal untuk kroscek kelapangan. Jadi tidak benar kalau kami diam saja selam beberapa tahun ini,” beber Azwad.

Informasi dihimpun Kabar Sumatera, sejumlah LSM di Kabupaten Empat Lawang akan menggelar aksi demo ke kantor Kejaksaan Negeri Tebing Tinggi sekitar Desember 2014 mendatang. Demo tersebut sebagai bentuk kekecewaan karena banyak laporan disampaikan LSM diduga tidak ditindaklanjuti. Bahkan selama beberapa tahun ditingkatkan status dari Kacabjari menjadi Kajari, belum satupun kasus korupsi terkuak di pemkab Empat Lawang.

“Seperti “Macan Ompong” tak satupun kasus korupsi di Empat Lawang terungkap. Kami akan demo,”tukas salah seorang perwakilan LSM, menolak disebutkan namanya.

 

TEKS     : SAUKANI

EDITOR   : RINALDI SYAHRIL

 





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster