Hari Pahlawan, Mawardi Yahya Tabur Bunga TMP Satria Seguguk

 228 total views,  2 views today

Bupati OI H Mawardi dan Hj Fauziah Mawardi saat menabur bunga di makam pahlawan. | Dok KS

Bupati OI H Mawardi dan Hj Fauziah Mawardi saat menabur bunga di makam pahlawan. | Dok KS

INDRALAYA – Peringatan Hari Pahlawan di Kabupaten Ogan Ilir (OI), diisi dengan acara tabur bunga di Taman Makam Pahlawan, Satria Seguguk, Kecamatan Indralaya Utara, Kabupaten Ogan Ilir (OI), Senin (10/11), kemarin. Tampak puluhan istri para pahlawan pun hadir dengan penuh haru dan beberapa ada yang menangis diatas pusara suaminya yang telah meninggal dunia.

Beberapa para veteran pun juga hadir dalam peringatan hari sejarah tersebut. Bupati Ogan Ilir Ir H Mawardi Yahya, membacakan amanat Menteri Sosial RI, Khofifah Indar Parawansa. Dalam petikannya, sejarah perjalanan Bangsa dan Negara Indonesia menunjukkan bahwa untuk mendirikan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) diperlukan perjuangan panjang.

NKRI tidak akan bisa berdiri menjadi negara yang merdeka berdaulat dan terhormat seperti saat ini, tanpa perjuangan para pejuang, pendiri bangsa dan pahlawan yang telah mengorbankan jiwa, raga, pikiran serta hartanya.

Sejarah bangsa dan negara Indonesia mencatat, perjuangan untuk merebut kemerdekaan dan mendirikan NKRI membutuhkan ikatan persatuan dan kesatuan yang kuat.

Komitmen para pejuang, pendiri bangsa dan para pahlawan untuk mempersatukan bangsa ini melahirkan sikap kepahlawanan, kesetiakawanan sosial serta menguatkan memori kolektif bangsa saat itu supaya berani bertindak nyata untuk melawan penjajahan dan ketertindasan.

Selanjutnya bupati   menambahkan, bangsa yang besar adalah bangsa yang menghormati para pahlawan. Dan Bangsa tanpa pahlawan sama artinya Bangsa yang tidak memiliki satu buah kebanggaan.

“Kalau sebuah bangsa tidak memiliki tokoh yang bisa dibanggakan, bangsa tersebut adalah bangsa yang tidak memiliki harga diri. Semoga Tuhan selalu mem-bimbing serta meridhoi kita semua dalam melanjutkan perjuangan para pahlawan melalui cipta, rasa dan karsa untuk pembangunan Indonesia yang lebih maju, adil dan sejahtera,” ungkapnya.

Sementara itu, usai upacara bupati serta peserta upacara melakukan tabur bunga di pusara makam para pahlawan.

 

TEKS      : JUNAEDI ABDILLAH

EDITOR     : RINALDI SYAHRIL





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster