Duh, Gubernur Setuju Kenaikan BBM

6 total views, 3 views today

Alex Noerdin | Gubernur Sumsel

Alex Noerdin | Gubernur Sumsel

– Polda dan Kodam Bersiaga

PALEMBANG – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Selatan (Sumsel), menunggu keputusan dari pemerintah pusat mengenai kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM). Menurut Gubernur Sumsel, Alex Noerdin, langkah Jokowi untuk menaikkan harga BBM, sudah sangat tepat.

“Semestinya kenaikan harga BBM ini sudah dari dulu,” kata Alex yang dibincangi disela-sela setelah peringatan Hari Pahlawan di pelataran Benteng Kuto Besak (BKB), Palembang, Senin (10/11).

Ia menyebut, jumlah subsidi BBM yang selama ini digunakan telah menghabiskan anggaran negara sangat besar. Kemudian, penggunaan subsidi BBM tidak tepat sasaran. “Kalau subsidi bisa dikurangi, bisa untuk yang lain seperti penjelasan presiden, wapres dan lain-lain,” ucapnya.

Alex mengaku di Sumsel saat ini sudah siap menerima kenaikan harga BBM subsidi. Selama ini jelasnya, Pemprov Sumsel telah memberikan program bantuan pendidikan dan kesehatan gratis. “Tinggal bagaimana agar dampaknya tidak terlalu buruk,” cetusnya.

Sementara itu Pangdam II Sriwijaya, Mayjend TNI Bambang Budi Waluyo menyebut, Kodam akan bersiaga dan siap mengantisipasi jika kebijakan pemerintah menaikkan harga BBM, direalisasi.

Bahkan, Kodam II/Sriwijaya akan segera mempersiapkan personilnya untuk bekerjasama dengan Polda Sumsel dalam mengamankan kondisi Sumsel dari masyarakat yang tidak setuju kenaikan BBM tersebut.

“Kami akan bekerja sama dengan Polda Sumsel. Ini adalah tugas bersama. Tugas kita adalah menjaga keamanan dan ketertiban di Sumsel, terutama saat kebijakan harga BBM turun dari pusat,” jelas dia.

Kapolda Sumsel Irjen Pol Iza Padri menegaskan, pihaknya akan siap dalam pengamanan dan penertiban di wilayah Sumsel apabila masyarakat tidak setuju dengan keputusan presiden terkait dengan kenaikan harga BBM.

“Kami mempersiapkan personil kepolisian dibeberapa titik rawan, jika nantinya masyarakat mulai ricuh. Kami akan terus berupaya mengurangi ekses-ekses masyarakat yang tidak setuju dan sepakat atas kenaikan BBM,” bebernya.

Polda jelasnya, juga akan menggandeng Pertamina untuk menuntaskan dan menemukan adanya penimbunan-penimbunan BBM ditengah permasalahan kenaikan harga BBM. Iza menyebut, akan ada beberapa operasi bersama yang dilakukan untuk menindak pelaku penimbunan BBM. “Operasi ini akan kita pergencar. Ini sebagai upaya melindungi masyarakat. Jika memang ditemukan adanya penimbunan maka akan segera ditindak tegas,” tukasnya.

 

TEKS            : IMAM MAHFUZ

EDITOR         : DICKY WAHYUDI





Leave a Reply

Your e-mail address will not be published. Required fields are marked *

Web development by oktopweb.com