Dirjen Pajak Sumsel Babel Buat Sistem Strategic Room

 297 total views,  2 views today

Ilst. Pajak Online

Ilst. Pajak Online | Ist

PALEMBANG – Untuk meningkatkan pembayaran pajak bagi orang kaya, Kantor KantorWilayah Direktorat Jenderal Pajak Sumatera Selatan dan Kepulauan Bangka Belitung telah menyiapkan sistem untuk mengawasi perkembangan data pembayaran pajak bagi wajib pajak baik orang pribadi sereta badan usaha.

Kepala Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Sumatera Selatan dan Kepulauan Bangka Belitung, Samon Jaya mengatakan, untuk mengawasi pembayaran pajak untuk orang kaya, DJP saat ini sedang merancang sistem untuk mengawasi perkembangan data pembayaran pajak. Rencananya sistem ini akan dioperasikan oleh tim dalam ruangan khusus yang disebut dengan Strategic Room.

“Dengan adanya ruang khusus atau Strategic room ini petugas pajak dapat langsung melihat perkembangan data pembayaran pajak yang dilakukan seluruh wajib pajak (WP) yang ada di provinsi Sumatera Selatan dan Bangka Belitung,” katanya, Senin (10/11).

Namun kata Samon, jika dalam perkembangan data pembayaran dirasa tidak sesuai dengan penghasilan, maka petugas akan langsung melakukan evaluasi dan pengecekan ke lapangan untuk mengetahui penyebab kekurangan itu.

“Dengan penggunaan sistem Strategic Room ini diharapkan pengawasan terhadap WP dapat lebih maksimal serta meningkatkan pemasukan negara dari pajak yang sekarang ini dinilai masih kecil dan berpotensi ditingkatkan lebih besar lagi,” kata Samon.

Menurut Samon, banyak orang kaya di dua provinsi tersebut tidak membayar pajak atau membayar pajak dengan nilai yang tidak sesuai ketentuan.

“Berdasarkan data yang dihimpun petugas di lapangan, dari 736.000 wajib pajak orang pribadi di Sumsel dan Babel, hanya 38 orang yang membayar pajak dengan nilai Rp65 juta,” katanya.

Melihat kondisi tersebut, pihaknya berupaya melakukan pembinaan dan menggalakkan sosialisasi untuk meningkatkan kesadaran masyarakat setempat memenuhi kewajibannya membayar pajak secara rutin dan sesuai ketentuan atau penghasilan yang diperolehnya.

 

TEKS   : AMINUDDIN

EDITOR  : RINALDI SYAHRIL

 





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster