Sumsel Diusulkan jadi Tuan Rumah Utama Asian Games 2018

 243 total views,  2 views today

Komplek Olahraga Jakabaring Palembang | Dok KS

Komplek Olahraga Jakabaring Palembang | Dok KS

PALEMBANG – Dewan Perwakilan Daerah (DPD) akan mengusulkan ke Presiden Joko Widodo, untuk menjadikan Sumsel sebagai tuan rumah utama pada pelaksanaan Asian Games 2018 mendatang.

Dengan menjadi tuan rumah utama maka Sumsel, akan menjadi tempat opening ceremony dan closing ceremony Asian Games 2018. “Saya optimis, Sumsel bisa menjadi tempat pembukaan dan penutupan Asian Games,” kata Ketua DPD, Irman Gusman yang dibincangi usai meninjau kawasan Jakabaring Sport City (JSC), Senin (10/11).

“Saya melihat venues di Jakabaring, luar biasa. Fasilitas olahraga yang ada disini, lebih bagus dari daerah lain. Jakabaring sudah memenuhi syarat. Saya akan konsultasi ke internal DPD, lalu ke presiden dan kementerian terkait, agar Sumsel bisa menjadi tuan rumah utama,” katanya.

Ia menjelaskan, apa yang dimiliki DKI Jakarta dan Jawa Tengah sebagai daerah yang juga dipersiapkan menggelar Asian Games, belum memiliki fasilitas yang memadai seperti di JSC. Sumsel selain sudah memiliki venues yang berdiri diatas lahan seluas 325 hektar, juga sudah berpengalaman menyelenggarakan event olahraga tingkat dunia.

“Tak perlu digelar didaerah lain, kita lihat Gelora Bung Karno sudah tidak mungkin dikembangkan. Kalau tempat lain pun sudah dibangun mal dan hotel, Jateng juga sama. Kalau di Jakabaring masih ada lahan 300 hektar lagi, yang siap dikembangkan. Tidak ada salahnya kalau mempercayakan Sumsel sebagai tuan rumah utama,” ujarnya.

Bagi Irman, dengan memprioritaskan Sumsel sebagai tuan rumah utama, sama dengan mendukung kebijakan Otonomi Daerah (Otda). Hal ini bisa menjadi evaluasi bila Otda sukses berjalan di Bumi Sriwijaya.

Selain mendukung Sumsel sebagai tuan rumah utama Asian Games, DPD RI kata Irman juga mengusulkan JSC menjadi Pusat Pelatihan Nasional seluruh cabor di Indonesia karena kelengkapan venues dan telah memenuhi standar internasional.

“Hambalang tutup dan bubarkan saja, karena ternyata Jakabaring di Palembang ini yang lengkap. JSC bisa dijadikan sebagai Nasional Sport Center of Indonesia. Apalagi memiliki riwayat sebagai tempat pelaksanaan PON 2004, Sea Games 2011, ISG 2013 dan akan digelar juga Asian University Games bulan Desember 2014 ini,” sebutnya.

Sementara, Gubernur Sumsel, H Alex Noerdin menyampaikan, penentuan tuan rumah Asian Games berada di tangan Olympic Council of Asia (OCA) di Dubai. Namun ia membenarkan bila JSC sudah siap menyelenggarakan Asian Games.

“Yang menentukan bukan pemerintah Indonesia, tapi OCA berdasarkan survei kesiapan dan data objektif. Tapi kalau melihat sekarang, kita paling siap dibanding daerah lain. Jadi wajar kalau kita diusulkan jadi tuan rumah utama,” tukasnya.

 

TEKS           : IMAM MAHFUZ

EDITOR         : DICKY WAHYUDI





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster