Kejaksaan Dalami Berkas Tiga Petani Pembakar Lahan

 199 total views,  2 views today

PALEMBANG – Setelah dinyatakan lengkap alias P21 oleh penyidik Direktorat Reserse Kriminal Umum (Ditreskrimsus) Kepolisian Daerah (Polda) Sumatera Selatan (Sumsel), berkas perkara tiga petani yang berinisial R, A, dan J, asal Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) ini telah dilimpahkan pihak Pengadilan Negri (PN) Palembang dan kini berkas perkaranya sedang didalami oleh pihak Kejaksaan.

Hal ini disampaikan oleh Kepala Bidang Hubungan Masyarakat (Kabid Humas) Polda Sumsel, Komisaris Besar Polisi (Kombes Pol) R Djarod Padakova,

“Sampai saat ini, berkasnya masih didalami oleh pihak kejaksaan. Kita belum tahu apakah berkas sudah dinyatakan lengkap atau masih harus dilengkapi,” Minggu (9/11) kemarin.

Jika sudah dinyatakan lengkap oleh pihak kejaksaan, lanjut Djarod, ketiga tersangka selanjutnya akan diserahkan ke pihak kejaksaan berikut dengan barang bukti yang sudah disita.

Adapun barang bukti yang sudah diamankan speedboat, korek api, dan bahan bakar. Wewenang hukum selanjutnya pun ada di tangan kejaksaan.

Dijelaskan Djarod, ketiga petani tersebut tertangkap tangan sedang melakukan aktivitas membakar lahan. Saat diamankan, sudah enam hektar lahan yang dibakar oleh ketiganya. Adapun lahan yang dibakar diketahui milik salah satu dari ketiganya.

Untuk 11 tersangka pembakar lahan lain yang ditangani Polda Sumsel dan jajaran masih terus dilengkapi berkasnya dengan mengambil keterangan saksi dan saksi ahli.

Mereka terdiri dari tujuh karyawan PT LPI OKU Timur, dua karyawan perusahaan perkebunan di OKI, dan dua karyawan PT PTPN VII Cinta Manis Ogan Ilir (OI).

“Kita masih aktif melakukan patroli mencari pelaku pembakar lahan. Siapapun yang terlibat akan ditindak tegas karena sudah merugikan masyarakat banyak,” tukas Djarod.

 

TEKS    : Oscar Ryzal

EDITOR  : SARONO P SASMITO





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster