Berkas Tersangka 6.403 Bungkus Kosmetik Ilegal Dilimpahkan

 364 total views,  2 views today

PALEMBANG – Setelah dinyatakan lengkap oleh penyidik Direktorat Reserse Kriminal Umum (Ditreskrimsus) Kepolisian Daerah (Polda) Sumatera Selatan (Sumsel), berkas perkara Idham Saputra (31), tersangka pemilik 6.403 bungkus dan 69 paket kosmetik ilegal akan dilimpahkan kepihak Pengadilan Negri (PN) Palembang.

“Berkas tersangka sudah lengkap, alias P21, tersangka dan barang bukti akan kita limpahkan ke kejaksaan. Dengan demikinan, proses hukum selanjutnya ada di pihak kejaksaan,” jelas Direktur Ditreskrimsus Polda Sumsel, Komisaris Besar Polisi (Kombes Pol) Eddy Purwatmo, melalui Kasubdit I Ditreskrimsus Polda Sumsel, Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Suhasto, Minggu (9/11). Baca Juga : Polda Sumsel Sita 6.403 Kosmetik Beracun

Tambah Suhasto, pelimpahan tersangka dan barang bukti adalah langkah lanjutan setelah berkas pemeriksaan dinyatakan lengkap oleh pihak kejaksaan pekan silam. Saat itu, Idham dan kosmetik yang ia jual belum dilimpahkan, melainkan hanya berkas pemeriksaannya saja.

Masih kata Suhasto, pihaknya hanya satu kali melimpahkan berkas pemeriksaan ke pihak kejaksaan. Ia bersyukur, berkas pemeriksaan bisa langsung dinyatakan lengkap sehingga bisa menghemat waktu penyelidikan.

“Selama menyidik perkara ini, kita sudah memeriksa saksi dan saksi ahli. Selain itu, kosmetik yang dijual sudah diperiksa di laboratorium dan terbukti mengandung merkuri,” beber Suhasto.

Seperti diketahui, Idham kedapatan menjual ribuan kosmetik ilegal di kawasan Jembatan Ampera Palembang pada 21 September 2014 lalu. Dari penangkapan ini, Ditreskrimsus Polda Sumsel menyita ribuan bungkus kosmetik ilegal siap edar.

Dari hasil penelitian laboratorium, satu merk kosmetik positif mengandung merkuri alias racun. Diakui Idham, dalam satu hari, dirinya bisa mendapat untung Rp400 ribu. Ini beda jauh dengan pendapatan saat ia berdagang kosmetik yang legal, yang paling banter Rp100 ribu per hari.

 

TEKS    : Oscar Ryzal

EDITOR   : SARONO P SASMITO





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster