Aa Gym Ajak Warga OI Hindari Sifat Tengil

 510 total views,  2 views today

KH Abdullah Gymnastiar (Aagym)  saat menjadi penceramah pada Tabligh Akbar memperingati 1 Muharram . Di Indralaya ogan Ilir | Dok KS

KH Abdullah Gymnastiar (Aagym)
saat menjadi penceramah pada Tabligh Akbar memperingati 1 Muharram . Di Indralaya ogan Ilir | Dok KS

INDERALAYA – Agar dapat hidup selamat dunia dan akhirat, KH Abdullah Gymnastiar (Aagym) mengajarkan agar masyarakat Ogan Ilir (OI) terhindar dari sifat tengil.

Hal tersebut dikatakannya saat menjadi penceramah pada Tabligh Akbar memperingati 1 Muharram bertemakan “Melalui Sosialisasi Keagamaan Kita Tingkatkan Kewaspadaan dari Pengaruh kelompok Radikal Terhadap Kerukunan Umat Beragama dan Ukhuwah Islamiyah Menuju OI Damai, Beriman Bertaqwa, yang digelar Sabtu (9/11) di Aula Caram Seguguk KPT Tanjung Senai, Inderalaya.

Aa Gym menjabarkan, tengil merupakan singkatan dari takabur egois norak galak iri dan licik.

Menurutnya hal tersebut merupakan sikap jahat yang harus diberangus agar Allah SWT memberikan keselamatan lahir dan bathin.

“Ya, kita jangan jadi orang tengil, tetapi orang yang cerdas adalah yang paling banyak mengingat mati dan mempersiapkan diri ke kehidupan sesudah mati. Bahkan rakyat boleh memberikan keranda kepada pejabat agar selalu ingat mati, tujuannya agar selalu amanah menjalankan pemerintahan dan baik dalam melayani rakyat,” ujarnya di hadapan ribuan masyarakat Ogan Ilir.

Dirinya juga mengingatkan agar masyarakat selalu berpedoman pada Al quran dan Alhadits.

“Ya wajib mencontoh rosul yang diutus untuk menyempurnakan ahlak yang mulia, semua pelajaran agama Islam akhlakul karimah,ibaratnya bangunan bagus akan jauh lebih bagus jika memiliki manusia yang berakhlak baik. Tujuannya agar hati tidak mati dan jauh dari penyakit,” ujarnya

Sementara itu, Bupati OI Ir H Mawardi Yahya mengharapkan melalui sosialisasi keagamaan dapat meningkatkan kewaspadaan dari pengaruh kelompok radikal terhadap kerukunan ummat bergama dan ukhuwah Islamiah menuju OI yang damai beriman dan bertaqwa.

Lanjut Mawardi, tablig akbar ini merupakan kerjasama Pemkab OI dengan Kapolres OI, memasuki tahun baru Islam ke depan, mulai berfikir positif mengoreksi perbuatan yang selama ini yang banyak kehilafan, banyaknya gonjang ganjing yang bisa merusak tatanan keagamaan.

“Kita harapkan juga, masyarakat OI memiliki tekad bersama membangun OI,” paparnya.

Acara ini juga turut dihadiri Kapolres OI AKBP Asep Jajat Sudrajat dan istri, Ketua TP PKK OI Hj Fauziah Mawardi Yahya, Wabup OI HM Daud Hasyim dan istri, Sekda OI H Sobli bersama istri dan sebagainya

Selanjutnya, usai memberikan ceramah kepada masyarakat Ogan Ilir di Gedung Serbaguna Komplek Perkantoran Terpadu (KPT) Tanjung Senai Desa Sejaro Sakti, Aa Gym, langsung menuju Pondok Darul Tauhid Sriwijaya yang terletak di Desa Talang Pangeran, Kecamatan Pemulutan Barat, Kabupaten Ogan Ilir.

Kedatangan tersebut untuk melakukan peletakkan batu pertama pembangunan Madrasah Tsanawiyah di Pondok Darul Tauhid tersebut, sekaligus melepas beberapa anggota Kepolisian Polres Ogan Ilir yang ikut Sekolah Siap Guna (SSG) di Pondok tersebut.

Di hadapan anggota Polres, Aa Gym juga, memaparkan pengalaman dirinya, dari mulai masa sulit, terkenal, hingga jatuh, dan kembali bangkit lagi.

Pujian dan cacian saya sudah alami semua. Sehingga membuat saya tau, pujian bisa membuat kita terlena dan lupa dengan kewajiban kita. Datanglah saatnya semua orang mencaci maki saya. Saya lebih senang hidup saat ini, tenang dengan hanya memikirkan dosa dan bersyukur,” ujarnya.

Sementara itu, Iwan, salah satu anggota yang ikut dalam SSB tersebut mengatakan, banyak pelajaran yang didapat dari SSB yang singkat yang ia ikuti tersebut. “Kita diajari keagamaan, untuk lebih mendekatkan diri kepada Allah, kami senang ikut dalam kegiatan ini,” singkatnya.

 

Teks    : Junaedi Abdillah

EDITOR   : SARONO P SASMITO





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster