UMK Palembang Rp 2.053.000

 252 total views,  2 views today

ilustrasi

ilustrasi | Ist

PALEMBANG – Setelah melalui proses yang cukup panjang, akhirnya Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Palembang mengumumkan Upah Minimum Kota (UMK) Palembang 2015 sebesar Rp 2.053.000.

Kepala Disnaker Palembang, Gunawan mengatakan, besaran UMK tersebut sudah ditandatangai oleh Wakil Wali Kota Palembang. Setelah itu, menunggu Surat Keputusan (SK) dari Gubernur Sumsel.

“Rapat yang kami lakukan beberapa pekan terakhir, sudah dikaji terkait kebutuhan hidup layak (KHL) sepanjang tahun 2014 dan pertimbangan dari buruh dan pengusaha. Akhirnya disepakati UMK Palembang 2015 di angka Rp 2.053.000,” kata Gunawan, Jumat (7/11).

Ditanya apakah angka tersebut sudah sesuai dengan rencana kenaikan Bahan Bakar Minyak (BBM), Gunawan menyebutkan, pihaknya belum mengetahui dan tidak mau berandai-andai. Hanya saja, angka tersebut ideal dengan besaran KHL masyarakat di metropolis sepanjang tahun 2015. “Apakah BBM naik dalam waktu dekat, tentunya kami akan kaji ulang. Yah, kita lihat saja nanti bagaimana. Tapi, angkanya bisa berubah jika UMP berubah,” sebutnya.

Menurut Gunawan, pihaknya selalu mendata gaji yang pantas di setiap perusahaan baik sekala besar maupun kecil yang ada di Palembang, agar menerapkan upah sesuai UMK. Namun, dalam menentukan UMK tersebut Disnaker hanya sebagai pengakomodir. “Kami selalu data upah yang diterapkan perusahaan. Apakah sudah sesuai atau tidak. Kalau tidak sesuai UMK, yah pastinya akan ditegur,” tukasnya.

 

TEKS         : ALAM TRIE PUTRA

EDITOR        : DICKY WAHYUDI





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster