Ratusan Aset Daerah tak Miliki SHM

 282 total views,  2 views today

PALEMBANG – Untuk memperjelas aset daerah khususnya atas nama kepemilikan lahan, Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang lakukan sertifikasi aset daerah, yang belum memiliki surat Sertifikat Hak Milik (SHM).

“Untuk sementara ada sembila persil lahan, yang di daftarkan di Badan Pertanahan Nasional (BPN) untuk diurus sertifikatnya,” kata Kepala Bagian Agraria dan Batas Wilayah, Sekretariat Daerah (Setda) Palembang, Fahmi Fadillah, kemarin.

Fahmi mengatakan, untuk mempermudah semua urusan terkait SHM, Pemkot Palembang sudah melakukan memorandum of understanding (MoU) dengan BPN Kota Palembang. “Kami bukan hanya bekerjasama terkait penerbitan SHM, melainkan juga bangunan. MoU tersebut, berlaku hingga lima tahun kedepan,” ujarnya.

Ditanya dimana saja letak sembilan aset yang sedang diurus tersebut, Fahmi menjawab, tersebar di 16 kecamatan di Kota Palembang misalnya di Jakabaring, Talang Jambe, Kertapati dan lainnya. “Sebenarnya masih banyak aset daerah yang belum bersetifikat, angkanya mencapai ratusan. Tapi saat ini sedang di data dan kemudian di urus sertifikatnya,” ucapnya.

Fahmi menyebutkan, untuk melakukan proses pendataan, pihaknya di bantu oleh pihak Kecamatan dan Kelurahan. Bahkan, Ketua Rukun Tetangga (RT) serta RW. “Secara bertahap sertifikasi aset Pemkot Palembang, dilaksanakan,” urainya.

Fahmi menambahkan, pihaknya menargetkan hingga 2015 mendatang sudah 50 persen dari lahan yang belum bersertifikat selesai dibuatkan SHM. “Paling lambat, yah lima tahun kedepan sampai MoU berakhirlah,” tukasnya.

 

TEKS           : ALAM TRIE PUTRA

EDITOR         : DICKY WAHYUDI

 





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster