Harta Tersangka Kredit Fiktif Bank Sumsel Babel Disita

 114 total views,  2 views today

PALEMBANG – Setelah menetapkan ADS terkait kredit fiktif Bank Sumsel Babel (BSB) cabang Pangkalan Balai, Kabupaten Banyuasin, Subdit Moneter dan Devisa (Fismondev) Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Kepolisian Derah (Polda) Sumatera Selatan (Sumsel) menyita harta milik ADS.

Hal ini disampaikan oleh Komisaris Besar Polisi (Kombes Pol) Eddy Purwatmo selaku Direktur Ditreskrimsus Polda Sumsel, didampingi Kepala Bidang Hubungan Masyarakat (Kabid Humas) Polda Sumsel, Komisaris Besar Polisi (Kombes Pol) R Djarod Padakova, ia mengatakan penyitaan merupakan bagian dari proses penyidikan yang dilakukan penyidik.

Beberapa harta milik ADS disita karena diduga dibeli dari uang yang dicairkan dari kredit fiktif yang dijalani ADS. “Namun, apa saja yang sudah kita sita, belum bisa saya sebutkan. Pasalnya, masih harus kita periksa apa benar dibeli dari uang hasil kredit fiktif atau bukan,” kata Djarod, Jumat (7/11).

Saat ini, lanjut Djarod, sudah ada beberapa saksi yang diambil keterangan terkait dugaan kredit fiktif di BSB Balai. Diantaranya adalah Direksi BSB Jakabaring, yang melaporkan kredit fiktif ini ke Ditreskrimsus Polda Sumsel. Untuk tersangka, sejauh ini baru ADS yang sudah ditetapkan.

Masih kata Djarod, dalam waktu dekat, Ditreskrimsus Polda Sumsel akan melakukan gelar perkara terkait kasus ini. ADS sendiri dikabarkan belum diberlakukan penahanan dan sudah dinon-aktikan dari BSB Balai.

Dugaan kredit fiktif di BSB Balai bermula BSB Jakabaring yang melaporkan ADS berbuat curang.

Mantan staf analis kredit BSB Pangkalan Balai itu diketahui menjalani kredit fiktif dari audit internal yang dilakukan BSB Jakabaring. Tindak pidana ADS dilakukan di tahun 2012. Adapun kerugian yang didapat dari audit internal tidak mencapai angka Rp 1 miliar.

 

TEKS    : Oscar Ryzal

EDITOR  : SARONO P SASMITO





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster