Galian C Ilegal Sulit Terdeteksi

 211 total views,  2 views today

Ilustrasi salah satu kegiatan Galian C | Dok KS

Ilustrasi salah satu kegiatan Galian C | Dok KS

EMPAT LAWANG – Dinas Kehutanan Perkebunan dan Pertambangan Energi (Dishutbuntamben) Kabupaten Empat Lawang mengaku, sulit mendeteksi tambang galian C ilegal. Pasalnya, wilayah operasinya pun jauh dari jangkauan pengawas tambang.

Kadishutbuntamben Empat Lawang, H Susyanto Tunut melalui Kabid Pertambangan Umum, Deni Irwandi mengatakan, jangankan Dishutbuntamben yang berada jauh dari lokasi, kepala desa (kades) dimana lokasi tambang itu berada juga tidak mengetahuinya.

“Saya contohkan, di Desa Paduraksa, Kecamatan Sikap Dalam. Kita tahu, disana ada tambang galian C di desa tersebut setelah ada pemberitaan di media, adanya penambang di desa tersebut yang tewas,” katra Deni, Jumat (7/11).

Disebutkan Deni, dibeberapa tambang galian C juga ada yang beroperasi saat pengawas tidak bekerja, yakni beroperasi pada malam hari. Ini jelasnya, pernah terjadi di beberapa wilayah, mereka mengeluarkan pasirnya pada malam hari.

Sambung Deni, kedepannya ia meminta kejelihan kades untuk melaporkan tambang galian C yang beraktivitas di desanya, baik itu yang dilaksanakan secara tradisional maupun yang menggunakan alat berat. Sebab jika pengawasan mengandalkan pengawas tambang maka tak maksimal sebab jumlah pengawas masih sedikit.
Lanjut Deni, selama dia menjabat kabid terhitung dari Januari, setidaknya ada empat wilayah tambang yang di stop karena belum memiliki izin yakni di wilayah Pendopo, Talang Padang dan juga dua wilayah di Kecamatan Tebing Tinggi.

“Saya berharap kedepannya kerjasama dengan kades agar lebih optimal, sehingga galian C benar-benar terlaporkan di data dishutbuntamben,” jelasnya seraya menyebutdata lengkap galian C itu penting, sebab menyangkut Pendapatan Asli Daerah (PAD).

Deni mengungkapkan sebenarnya Kabupaten Empat Lawang potensi, untuk galian C. Sebab hampir disetiap kecamatan memiliki galian C. Itu ujarnya, jika dimaksimalkan maka akan menambah PAD bagi Pemkab Empat Lawang.
TEKS     : SAUKANI
EDITOR    : DICKY WAHYUDI





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster