Cabai Merah Sekilo Rp 60 Ribu

 286 total views,  4 views today

KAYUAGUNG – Bebarapa hari terakhir harga cabai di Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) mengalami kenaikan hingga tembus pada angka Rp 60 ribu/ kg.

Pantauan Kabar Sumatera di pasar Kayuagung, Jumat (7/11) masyarakat mulai terkejut  harga cabai,  sebelumnya Rp 35 ribu/kg sekarang naik hingga Rp 60 ribu/kg. Kondisi ini tentu membuat resah masyarakat.

“Memang harga dari pengepulnya sudah naik, sehingga kami pedagang juga ikut menaikkan harganya, kalau tidak begitu kami tidak dapat untung,” kata Ika salah satu padagang cabai dan sayur di Pasar Kayuagung.

Pihaknya tidak begitu mengetahui penyebab naiknya harga cabai tersebut, apakah disebabkan oleh rencana kenaikan Bahan Bakar Minyak (BBM) atau karena produksi cabai memang menurun karena musim panas.

“Kalau menurut pengepul/agen  cabai tempat kami beli, kenaikan ini disebabkan oleh banyaknya petani cabai yang gagal panen, karena musim panas sehingga produksi cabai menurun,” katanya.

Tetapi ada juga yang mengatakan kenaikan harga cabai ini, karena pengaruh renana kenaikan harga BBM.

“Ada juga yang bilang kalau kenaikan harga cabai ini karena BBM mau naik, sepertinya nanti akan berpengaruh pada harga bahan pokok lainya,” ungkapnya.

Kepala Dinas Perindustrian,Perdagangan dan Koperasi (Disperindagkop) Kabupaten OKI Hery Susanto, mengatakan pihaknya memang sudah mendapat laporan terkait adanya kenaikan harga cabai di Kabupaten OKI.

“Kita sudah cek ke lapangan, bahwa kenaikan harga cabai ini disebabkan oleh persediaan yang menurun, banyak petani cabai yang gagal panen akibat musim panas, ditambah lagi adanya rencana kenaikan harga BBM sehingga naiknya cukup tinggi hingga Rp 60 ribu/kg,” kata Hery.

Menurut Hery,  dengan adanya rencana kenaikan harga BBM ini pihaknya terus melakukan pantauan di pasar, mengenai harga bahan pokok.

“Biasanya setiap akan ada kenaikan harga BBM, bahan-bahan pokok naik, apalagi kenaikan harga BBM ini nanti sangat tinggi, sementara ini hasil pantauan kami, belum ada kenaikan untuk bahan pokok, sementara hanya cabai yang harganya naik,” pungkasnya.

 

TEKS    : DONI AFRIANSYAH

EDITOR   : RINALDI SYAHRIL






Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster