AMP Sumsel Tuntut Kapolda Usut Polisi Jabat Ketua KNPI

 1,697 total views,  2 views today

PALEMBANG – Diduga terdapat kerugian negara sebesar Rp 500 juta, pada Kegiatan Proyek Pembangunan Jalan Produksi Kawasan Perkebunan di Kelurahan Soak Baru, Kecamatan Sekayu, Kabupaten Musi Banyuasin (Muba), dengan anggaran ABPD Tahun 2013 dengan nilai Rp 800 Juta. Puluhan pemuda yang mengatasnamakan dari Dewan Pengurus Pusat (DPP) Aliansi Mahasiswa dan Pemuda (AMP) Sumsel, menggelar aksi unjuk rasa di depan pintu masuk Gedung Mapolda Sumsel, Jumat (07/11) kemarin.

Kedatangan massa aksi DPP AMP Sumsel, mendesak Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Sumsel, Inspektur Jendral Polisi (Irjend Pol) Iza Fadri, segera mengeluarkan surat resmi pemeriksaan terhadap oknum Polisi Brigadir Polisi Kepala (Bripka) yang tercatat menjabat sebagai Ketua KNPI Muratara. Sedangkan ia masih menjabat sebagai anggota Polri, sesuai aturan itu tidak diperkenankan.

Massa aksi dengan koordinator aksi (korak) Rohadi dan dikoordinasi lapangan (korlap) oleh Suwardi, juga meminta Kapolda Membentuk Tim Investigasi Lapangan agar Dugaan Korupsi Tidak Berlarut-Larut di Dinas Perkebunan Kabupaten Muba.

“Hari ini kami menyampaikan ada indikasi korupsi di Muba, kami minta Kapolda Sumsel, membentuk tim investigasi, menyelidiki indikasi korupsi di sana, karena berdasarkan fakta yang ditemukan tim investigasi DPP AMP Sumsel, ada kerugian negara sebesar Rp 500 juta, aksi ini murni suara rakyat” ujar Rohadi dalam orasinya.

Lanjut, berdasarkan fakta dilapangan, selain kerugian negara sebesar Rp 500 juta, diduga para oknum-oknum ini diduga telah melakukan pemalsuan dokumen Berita Acara pada Proyek tersebut diduga mengunakan Data-Data pada Proyek Pengerasan Jalan yang dilelangkan pada Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga (PU BM).

Hal senada juga disampaikan Suwardi, selaku Korlap. Dalam orasinya, mengharapkan Kapolda Sumsel Irjen Prof DR Iza segera membentuk tim investigasi. “Kami minta Kapolda Sumsel, membentuk tim untuk menyelidiki kasus indikasi korupsi di sana, kami berharap Kapolda bertindak tegas dalam penanganan kasus korupsi,” ujar Suwardi.

Sementara itu, Kapolda Sumsel, yang diwakilkan AKBP Ali Ansori Kasubdit Penmas Humas Polda Sumsel, didampingi Kompol Djumali KAUR INFODOK Humas Polda Sumsel, di hadapan massa menuturkan jika aspirasi massa diterima dan segera akan disampaikan ke Pimpinan Polda Sumsel, untuk segera ditindak lanjuti. “Laporan kita terima, apa yang menjadi tuntutan kalian akan kami sampaikan ke pimpinan agar segera ditindak lanjuti,” jelas Ali Ansori.

 

TEKS    : Oscar Ryzal

EDITOR   : SARONO P SASMITO





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster