UMK Lebih Besar dari UMP, Tunggu SK Wali Kota

 351 total views,  2 views today

ilustrasi

ilustrasi

PALEMBANG – Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Palembang, sudah menyelesaikan tahapan final terkait Upah Minimum Kota (UMK) Palembang, yang akan diterapkan pada 2015 mendatang. Namun, kepastiannya masih menunggu Surat Keputusan (SK) Wali Kota Palembang.

Kepala Disnaker Palembang, Gunawan mengatakan, Disnaker telah melakukan rapat dengan Dewan Pengupahan Palembang, dengan memanggil Apindo, serikat buruh dan pihak yang berkompeten lainnya terkait pembahasan UMK.

“Sudah ada kesepakatan untuk UMK Palembang 2015, nilainya lebih tinggi dibandingkan dengan Upah Minimum Provinsi (UMP) yang mencapai Rp 1, 9 juta. Untuk finalnya, nanti diumumkan oleh wakil wali kota setelah angkanya sudah fix,” kata Gunawan, Kamis (6/11).

Menurut Gunawan, dalam waktu satu dua hari kedepan, Disnaker akan segera menyerahkan hasil keputusan terkait UMK tersebut. Apakah diterima atau harus dikaji lagi, tergantung kesepakatan dari wakil wali kota.

“Yang jelas kami akan segera umumkan UMK dalam waktu dekat ini juga, dan tidak terlambat dari jadwal yang ditentukan maksimal 20 hari setelah pengumuman UMP,” ujarnya.

Lebih jauh Gunawan menjelaskan, Disnaker selalu mendata upah yang pantas disetiapperusahaan yang besar maupun kecil, yang ada di Palembang. Itu terangnya, menjadi tolak ukur dalam menentukan UMK. Namun, dalam hal menentukan UMK tersebut, Disnaker hanya sebagai pengakomodir.

“UMK tahun ini berasal dari UMK tahun lalu, bukan UMP yang masih merupakan rata-rata dari upah minimum setiap kabupaten/kota. Yang jelas UMK, berbeda-beda disetiap kabupaten/kota,” bebernya.

Sebelumnya, pengamat ekonomi dari Universitas Sriwijaya (Unsri), Didiek Susetyo mengatakan, dalam menentukan besaran UMK tersebut, sedikitnya ada tiga aspek yang harus dilihat.

Pertama KHL kemudian inflasi dan resiko lainnya. “Dalam hal ini sudah selayaknya UMK Palembang harus lebih besar dari UMP, karena biasanya kebutuhan hidup di Kota lebih besar dari daerah. Apalagi, harga kebutuhan pokok dan lainnya terus mengalami kenaikan,” tukasnya.

 

TEKS           : ALAM TRIE PUTRA

EDITOR         : DICKY WAHYUDI





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster