SGC Gelar Kontes Aneka Jenis Batu Akik

 711 total views,  2 views today

Wali Kota Lubuklinggau, H SN Prana Putra Sohe, Ketua DPRD, H Rodi Wijaya, Kapolres, Opcik, dan ustad Dzaki saling pamer batu cincin. | Foto : Sri Parades

Wali Kota Lubuklinggau, H SN Prana Putra Sohe, Ketua DPRD, H Rodi Wijaya, Kapolres, Opcik, dan ustad Dzaki saling pamer batu cincin. | Foto : Sri Parades

Waktu dekat, ini tak kurang dari delapan kelas jenis batu permata bakal diperlombakan dalam Kontes Permata Nusantara Kota Palembang yang digelar 14-15 November 2014 di PS Mall Palembang. Kontes permata Nusantara Kota Palembang ini diselenggarakan guna mempererat tali silaturahmi para pecinta, penggemar, dan perajin batu.

Kesyar, Presiden Sriwijaya Gems Community (SGC), Kamis (6/11) kepada Harian Umum Kabar Sumatera menyampaikan, penyelenggaraan acara ini kerjasama dengan Seven Up Production dalam rangka mengangkat potensi batu di Sumatera Selatan bersama para perajin dan penggemar batu akik juga ada gelaran Kontes dan lelang batu lokal Sumsel.

Kategori dan kelas batu meliputi 1). Blue Chalcedony (Small dan Large), 2). Purple Chalcedony (Small dan Large), 3). Orange, Yellow dan Red, 4). Yaman Wulung, 5). Lumut dan Cendera, 6). Junjung Drajat, 7). Akik Gambar, 8). Akik Pola (Sodo Lanang, Kendit, Tapak Jalak, Sumur Bandung, dan Sulaiman).

“Untuk sesi lelang ketika kontes, ada jeda pelelangan. Lelang dari kita untuk kita. Harga tidak terbatas, yang penting ada peminatnya dari Rp 50 ribu hingga puluhan juta rupiah,” tambah Keysar.

Di tempat yang sama, Adhi Aristo, selaku Ketua Panpel mengutarakan, dalam event kontes tersebut nantinya juga akan dimeriahkan Accoustic Band, dance, atraksi sulap, dan lain sebagainya.

“Yang berminat bisa daftar ke 081271113179, 081929662998. Sekretariat SGC Jalan Sudirman Nomor 47F Simpang Mawar Cinde. Potensi batu lokal kita banyak. Di daerah lain digelar kontes, pameran untuk mengangkat nilai. Seperti di Baturaja, Muratara, Lubuklinggau. Kita pingin orang lebih kenal lagi. Pendaftaran nggak mahal kok….,” ujar Ardhi Aristo sambil berkata nantinya tentu akan ada juri profesional dan pastinya tentu ada pemenangnya.

Sementara itu Nico Rizal, Humas Publikasi SGC berkata, untuk target peserta sendiri pihaknya sama sekali tidak dibatasi. Yang penting batunya memenuhi kriteria ini.

“Lokasinya sendiri di Atrium PS Mall Palembang. Akan ada hiburan. Pemenang juga dapat trofi, hadiah, dan kejutan lainnya. Tujuannya mengangkat nilai batu. Di Indonesia sekarang ini demam batu. Berapa kali ikut di nasional, dari Sumsel jadi juara. Jangan takut kalah, yang penting partisipasi,” tandas dia.

Panitia bidang penjurian, Feri menuturkan, untuk penilaian ada delapan kelas. Penilaian antara lain dari warna, insititas warna biru semakin banyak, tua akan semakin besar skornya. kejernihan, kebersihan, dimensi semakin besar makin langka.

“Kalau kelasnya masuk, ya silakan boleh masuk. Yang diutamakan adalah potensi batu di Sumsel ini,” kata Feri.

 

TEKS       : ARDHY FITRIANSYAH

EDITOR     : RINALDI SYAHRIL





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster