Sanggar Kecantikan Puteri Pinang Masak Kembangkan Kreativitas Anak Desa

87 total views, 3 views today

Sanggar Putri Pinang Masak | Dok KS

Sanggar Putri Pinang Masak | Dok KS

INDERALAYA – Berdiri sejak 22 Juni 2013 lalu, Sanggar Kesantikan Puteri Pinang Masak, ternyata sudah menunjukkan eksistensinya dalam menampung potensi serta bakat generasi muda dalam bidang berkesenian terutama bagi pemuda – pemudi dari desa setempat.

Kosakata “Kesantikan” dipilih sebagai anologi dari keahlian, kemampuan dan dalam bahasa formal berarti kreativitas.

Erwin, Ketua Sanggar Kesantikan saat ditemui di rumahnya di Jalan Khotib, No 226, Desa Senuro Barat, mengatakan, tujuan dari berdirinya sanggar antara lain untuk menampung minat generasi muda yang mempunyai bakat dalam berkesenian agar dapat dikembangkan serta berdayakan secara maksimal.

“Tercetusnya ide membentuk sanggar tersebut dalam rangka menggali potensi pemuda – pemudi yang selama ini belum terakomodir dengan baik,” ungkapnya.

Lanjutnya, dengan bergabungnya pemuda, keahlian yang sebelumnya didapat secara otodidak dapat lebih terarah lagi.

“Saat ini, minat pemuda – pemudi di desanya untuk mendalami bidang kesenian masih sangat tinggi, ini terbukti dengan jumlah anggota kami yang berjumlah 30 orang, yang umumnya para pemudi di desa,” ungkapnya.

Masih dikatakannya, untuk pelatihan diadakan setiap Minggu dengan tenaga pelatih yang berkompeten di bidangnya.

“Adapun materi yang diajarkan , meliputi tari kreasi, tari nasional, dan tari daerah selain itu di sanggar kami juga menaungi group band Indie lokal,” terangnya.

Dirinya berharap agar sanggar tari binaannya ini dapat terus dikenal oleh masyarakat luas serta dapat terus berkontribusi terhadap pengembangan seni asli daerah lokal.

Sementara itu, Yurni, Sekretaris Sanggar Kesantikan menambahkan, dengan berdirinya sanggar seni ini setidaknya dapat memajukan kesenian asli daerah mengingat sekarang ini akibat pengaruh tekhnologi

terkadang sebagai generasi muda telah meningalkan kebudayaan asli daerah.

“Untuk itulah melalui keberadaan sanggar ini semoga bisa menjadi wadah pengembangan kreativitas generasi muda,” singkatnya.

Anggota Sanggar Kesantikan, Rini dan Rizkiana menuturkan sejak bergabung dengan Sanggar Kesantikan Puteri Pinang Masak ini dirinya mengaku senang dan bangga karena melalui sanggar inilah dapat berprestasi walaupun pada tingkat desa dan kecamatan.

“Ke depan kami akan berupaya untuk lebih maju dan mampu bersaing pada even selanjutnya,” tutupnya.

 

Teks    : Junaedi Abdillah

EDITOR   : SARONO P SASMITO





Leave a Reply

Your e-mail address will not be published. Required fields are marked *

Web development by oktopweb.com