Raskin Diduga Dijual, Warga Laporkan Kades ke Polisi

 226 total views,  2 views today

Puluhan ton raskin terpaksa menginap di Kantor Camat Talang Ubi akibat akses jalan rusak parah

Ilustrasi raskin | Dok KS

MUARA ENIM – Diduga beras untuk masyarakat miskin (raskin) yang diperuntukkan bagi warga Desa Suka Manis, Kecamatan Tanah Abang, Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI), akan dijual keluar desa, warga desa tersebut melaporkan kades nya, Ahyatul Kodri ke Kepolisian Resort (Polres) Muaraenim.

Laporan itu disampaikan Hendi Lala, warga Desa Suka Manis didampingi kedua rekannya, Kamis (6/11) ke SPKT Polres Muaraenim dengan bukti lapor No 02, tertanggal 6 November 2014.

Kepada penyidik, ketiganya secara bergilir memberikan keterangan terkait dugaan penyelewenangan raskin yang dilakukan oknum kades Suka Manis tersebut. “Selasa (4/11) lalu, Desa Suka Manis mendapatkan raskin sekitar 10 ton,” kata Hendi, kemarin.

Ia menyebut, raskin itu kemudian disimpan di rumah Kades Suka Manis. Sehari kemudian atau Rabu (5/11) sekitar pukul 03.00 WIB dini hari jelas Hendi, oknum kades tersebut membawa raskin untuk Desa Sukamanis ini menggunakan truk. Raskin itu, kemudian dititipkan ke rumah warga Wawan, warga Desa Desa Tanah Abang Jaya.

“Ada dugaan raskin itu, akan dijual. Sejak 2013, warga desa kami tidak pernah mendapatkan raskin. Kami berharap laporan ini, ditindaklanjuti oleh penegak hukum karena ini menyangkut kepentingan masyarakat banyak,” ucap Hendi.

Senada disampaikan warga Desa Suka Manis lainnya, yang mendampingi Hendi melapor ke Polres Muaraenim. Tak mau disebutkan namanya, warga Desa Suka Manis itu menyebut, raskin untuk Desa Suka Manis itu diangkut menggunakan truk oleh kades untuk dibawa keluar desa sekitar pukul 22.00 WIB.

“Itu tentu saja mengundang kecurigaan warga, sekitar 30 warga memperhatikan aktivitas di rumah kades tersebut. Sekitar pukul 00.00 WIB, semua raskin itu sudah diangkut ke dalam truk. Tak lama berselang, truk itu meninggalkan desa kami menuju Desa Tanah Abang yang jaraknya sekitar tujuh kilometer (km),” bebernya.

Warga yang penasaran terangnya, membuntuti truk yang mengangkut raskin tersebut. Mengetahui ada warga yang mengejar truknya, sopir truk itu kemudian tancap gas sehingga hilang dari kejaran warga.

“Tetapi kami, terus mencari keberadaan truk itu. Sekitar pukul 03.00 WIB dini hari, warga berhasil menemukan beras berceceran di tanah. Beras itulah yang menjadi petunjuk, ternyata raskin itu dititipkan ke salah satu rumah warga di Desa Tanah Abang Jaya,” ujarnya.

Kepala Polres Muaraenim, AKBP Mohamad Aris yang di konfirmasi melalui Kepala Satuan (Kasat) Reserse dan Kriminal (Reskrim), AKP Eryadi Yuswanto, membenarkan adanya laporan tersebut. “Laporannya sudah kita terima, akan kita tindak lanjuti. Proses penyidikan terus berlanjut. Nanti barang buktinya, akan kita sita,” tukasnya.

 

Teks     : Siswanto





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster