Pol PP Dilatih Antisipasi Aksi Massa

 291 total views,  2 views today

Ilustrasi Pol PP | Dok KS

Ilustrasi Pol PP | Dok KS

MUARA ENIM – Puluhan anggota Satuan Polisi Pamong Praja (Sat Pol PP) Kabupaten Muaraenim, dilatih oleh anggota Kepolisian Resort (Polres) Muaraenim, untuk menghadapi aksi massa yang anarkis. Pelatihan itu, digelar di halaman Kantor Pemkab Muaraenim, kemarin.

Kepala Sat Pol PP dan Linmas Kabupaten Muaraenim, Riswandar menyebut, latihan tersebut dimaksudkan, agar anggota Sat Pol PP bisa siaga membantu pengamanan yang dilakukan kepolisian, saat ada aksi massa.

“Dalam latihan tersebut, anggota kita diajarkan bagaimana menghadapi massa, memperkuat blokade pengamanan dan latihan lainnya. Pelatihannya tak sekedar teori, tetapi juga langsung di praktik kan,” kata Riswandar.

Sebelumnya sebut Riswandar, 86 anggota Sat Pol PP juga sudah dilatih untuk pengendalian keamanan dan kenyamanan lingkungan. Pelatihannya sebut Riswandar, digelar pada 21 Oktober lalu di Aula Islamic Center, Kepur, Muaraenim. “Pelatihan ini, dimaksudkan untuk meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) anggota Sat Pol PP dan Linmas,” jelasnya.

Dalam pelatihan tersebut terang Riswandar, Sat Pol PP mendatangkan sejumlah pemateri dari Kodim 0404/Muaraenim, pengadilan, kejaksaan, Tim SAR PT Bukit Asam dan Polres Muaraenim,” ujarnya.

Selama 15 hari ungkap Riswandar, anggota Sat Pol PP tersebut diberikan materi seperti penegakan Perda, pengaturan sutuasi dan kondisi, piket dan cara menyikapti Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Kantibmas). “Sementara untuk praktiknya di gelar di lapangan Islamic Center, berbagai materi juga diberikan. Misalnya pelatihan fisik, bela diri, mental dan antisipasi aksi massa,” tukasnya.

TEKS           : SISWANTO

EDITOR         : DICKY WAHYUDI





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster