Pendapatan Pajak BSB Naik Tiga Kali Lipat

 304 total views,  2 views today

Ilst. Pajak Online

Ilst. Pajak | Dok KS

PALEMBANG – Guna menambah wawasan tentang pajak, Kementerian Keuangan Republik Indonesia Direktorat Jenderal Pajak Sumatera Selatan dan Bangka Belitung melakukan diskusi perpajakan dengan wartawan di Kota Palembang.

Kepala Bidang Penyuluhan, Pelayanan, dan Hubungan Masyarakat Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak Sumatera Selatan dan Kepulauan Bangka Belitung Fajar Julianto mengatakan, kegiatan ini rencana akan dilaksankan setiap pekannya. Diharapkan dengan adanya kegiatan ini dapat menambah wawasan bagi para wartawan.

Jelas dia, fungsi Direktorat Jenderal Pajak, sesuai dengan amanat Undang Undang, hanya mempunyai tugas untuk menghimpun penerimaan pajak. Pun, Ditjen Pajak juga tidak menerima pembayaraan uang pajak langsung dari Wajib Pajak, melainkan hanya mengadministrasikan pembayaraan pajaknya saja. Wajib Pajak harus membayar pajak ke Kantor Pos atau bank-bank yang ditunjuk oleh pemerintah.

“Uang pajak yang dibayarkan oleh Wajib Pajak akan masuk ke kas negara, kemudian melalui Undang-Undang Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara dialokasikan peruntukkan untuk membiayai program kerja yang dikelola oleh Pemerintah Pusat maupun Pemerintah Daerah,” katanya, Kamis (6/11).

Sedangkan, alokasi untuk Pemerintah Daerah, dijalankan melalui skema Dana Alokasi Umum (DAU), Dana Alokasi Khusus (DAK) dan Bagi Hasil. Selain itu, ada juga skema subsidi Pemerintah Pusat yang tujuannya untuk mengurangi beban masyarakat.

Dia menambahkan, untuk penerimaan pajak pada tahun 2014 di Sumsel Babel sebesar Rp 1300 triliun yang sebelumnya hanya Rp 300 triliun. Peningkatan ini karena pihaknya terus melakukan sosialisasi baik kepada masyarakat, instasi, sertsa perusahan.

“Peningkatan ini tiga kali lipat, dan kedepan kita harapkan agar pendapatan pajak di Sumsel Babel lebih besar lagi dari sekarang,” tutupnya.

 

TEKS    : AMINUDDIN
EDITOR  : RINALDI SYAHRIL





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster