Pelantikan Pimpian DPRD Sumsel Masih Tunggu PDI Perjuangan

 265 total views,  2 views today

PALEMBANG – Penetapan pimpinan DPRD Sumsel definitif, hingga kini belum juga dilaksanakan. Faktor PDI Perjuangan, yang belum mengajukan nama untuk menempati posisi calon Ketua DPRD Sumsel menjadi alasan belum dapat dilaksanakannya penetapan pimpinan definitif tersebut.

Sekretaris DPRD Sumsel, Ramadhan S Basyeban yang ditemui, kemarin mengatakan, saat ini Wakil Ketua DPRD Sumsel sementara sedang berkonsultasi ke Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri) terkait permasalahan tersebut.

“Sekarang ini Wakil Ketua DPRD Sumsel sementara, Chairul S Matdiah sedang berkonsultasi ke Kemendagri, kita tinggal menunggu hasilnya saja, masalah ini kita sikapi dengan hati-hati,” ujarnya.

Menurut Ramadhan, sejak resmi dilantik, pihaknya sudah mengirimkan surat ke partai politik (Parpol) yang mengisi kursi pimpinan DPRD Sumsel, yakni PDI Perjuangan, Partai Demokrat, Partai Golkar, dan Partai Gerindra, dan hasilnya hingga kini hanya PDI Perjuangan yang belum menentukan calonnya yang akan menempati kursi Ketua DPRD Sumsel periode 2014-2019.

“Tanggal 24 September, kita sudah menyurati Parpol, untuk meminta nama-nama yang mengisi unsur pimpinan DPRD Sumsel, tetapi hingga saat ini kita baru menerima tiga nama, sementara PDI Perjuangan belum,” ungkapnya.

Sebagaimana diketahui, nama-nama calon pimpinan DPRD Sumsel yang sudah diserahkan ke Sekretariat Dewan, dari Partai Golkar, M Yansuri, kemudian Partai Demokrat, Chairul S Matdiah, dan dari Partai Gerindra, Nofran Marjani.

Sementara itu, lambannya penetapan pimpinan DPRD Sumsel definitif ini juga berimbas terhadap pembentukan Alat Kelengkapan Dewan (AKD), seperti pembentukan Komisi, Fraksi, Badan Anggaran (Banggar) dan Badan Musyawarah (Banmus).

Menurut Anggota DPRD Sumsel dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Syaiful Fadli, pembentukan AKD diperkirakan baru dapat dilaksanakan pada Desember mendatang. “Minggu ketiga atau keeempat November ini kita akan melakukan reses, artinya untuk alat kelengkapan dewan saya kira baru akan terbentuk pada Desember nanti,” tukasnya.

TEKS          : ARDHY FITRIANSYAH

EDITOR       : DICKY WAHYUDI





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster