Jukir Tarik Biaya Parkir Lebihi Perda

 221 total views,  2 views today

Ilustrasi Parkir

Ilustrasi Parkir | Ist

PALEMBANG – Pengawasan yang dilakukan oleh Dinas Perhubungan (Dishub) Palembang, terhadap juru parkir (jukir) yang berada di tepi jalan, nampaknya sangatlah lemah. Pasalnya, saat ini tarif parkir yang ditarik jukir, melebihi ketentuan Peraturan Daerah (Perda) Nomor 16 tahun 2011 tentang Retribusi Jasa Umum Penyelenggaraan transportasi, dengan salah satunya mengatur tentang pelayanan parkir ditepi jalan umum.

Berdasarkan pantauan Kabar Sumatera, rata-rata jukir menarik parkir kepada pengendara sepeda motor Rp 2 ribu, misalnya parkir di tepi jalan di depan Palembang Square (PS), cafe-cafe dikawasan Kambang Iwak (KI), di Jalan Jenderal Sudirman, begitu juga parkir di pasar-pasar tradisional.

Parahnya lagi, parkir di Pasar 16 Ilir, setiap sepeda motor ditarik Rp 3 ribu. Padahal, dalam Perda Nomor 16 tahun 2011 tersebut, sudah jelas biaya parkir Rp 1.000 per motor. Hal tersebut sebenarnya sudah lama dikeluhkan oleh masyarakat Palembang. Namun, tidak ada tindakan yang nyata dari Dishub Palembang.

“Mana ada jukir yang minta Rp 1000 untuk sepeda motor yang parkir, mayoritas menarik Rp 2 ribu, contohnya parkir didepan salah satu toko buku di kawasan Jalan Jend Sudirman, Palembang,” kata Novianyah (28), warga Jalan Mataram, Kertapati ini ketika dibincangi, Kamis (6/11).

Kabid Transportasi Jalan dan Rel, Dishub Palembang, Agus Supriyanto membantah kalau Dishub tidak bertindak terhadap jukir yang nakal tersebut. Dishub jelas Agus, sudah memberikan teguran beberapakali. Mereka kata Agus, diminta untuk mematuhi perda. “Kita sudah keluarkan Surat Edaran (SE), isinya tarif parkir yang ditarik harus sesuai perda. Tetapi masih saja ada jukir yang nakal, menarik tarif parkir diluar ketentuan perda,” ujarnya.

Sebelumnya, Kepala Dishub Palembang, Masripin Toyib mengatakan, setiap parkir yang dikelola oleh Dishub, harus memiliki karcis. “Jangan diberi uang, apabila jukir tidak memberikan karcis,” tukasnya.

 

TEKS              : ALAM TRIE PUTRA

EDITOR         : DICKY WAHYUDI





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster