Wajib Pajak PBB Masih Banyak Menunggak

 318 total views,  2 views today

Ilst. Pajak

Ilst. Pajak

PALEMBANG – Walaupun pemberlakuan sanksi dua persen bagi Wajib Pajak (WP) yang menunggak pembayaran Pajak Bumi Bangunan (PBB), sudah diberlakukan sejak 2013 lalu namun masih banyak WP di Palembang, yang menunggak pembayaran PBB nya.

Kepala Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda) Palembang, Agus Kelana mengatakan, saat ini realisasi PBB di Kota Palembang diatas 80 persen. Artinya sebut dia, masih ada sekitar 20 persen lagi WP, yang belum melunasi pembayaran PBB.

Walau pun begitu kata Agus, Dispenda tetap optimis target PBB tahun ini bisa dicapai. Ia menyebut, ada dua kecamatan di Palembang yang realisasi PBB nya paling sedikit yakni Kecamatan Alang-Alang Lebar (AAL) dan Sematang Borang.

Untuk mengejar target PBB tersebut kata Agus, Dispenda sudah melayangkan surat peringatan kepada WP yang menunggak. Mereka diminta untuk segera melunasi tunggakan pajaknya

Jika peringatan itu, tidak dipedulikan dalam batas waktu tertentu maka WP tersebut akan dikenakan sanksi denda dua persen dari nilai pajak yang tertunggak. “Sanksi dua persen ini, bukan hanya untuk PBB tetapi juga untuk 10 jenis pajak daerah yang dikelola Dispenda,” ujarnya.

Tak hanya dengan memberikan peringatan dan sanksi, Dispenda juga berupaya meningkatkan kesadaran masyarakat membayar pajak misalnya dengan cara menggelar gebyar PBB dan lainnya.

Sementara itu, Asisten III Sekretariat Daerah (Setda) Palembang, M Hoyin mengatakan, pendekatan secara persuasif, menjadi cara untuk meningkatkan penerimaan pajak. “Komunikasi yang dilakukan secara baik antara pemungut pajak, juga merupakan langkah merealisasikan pendapatan pajak sesuai target yang telah ditargetkan,” ujarnya.

Sambungnya, kalaupun ada WP yang menunggak, maka dinas terkait harus mengajak WP berkomunikasi secara baik, hal tersebut jadikanlah langkah awal. “Kalau memang ada WP yang tidak sanggup membayar, maka akan dicari solusi bersama-sama,” tukasnya.

 

TEKS          : ALAM TRIE PUTRA

EDITOR         : DICKY WAHYUDI





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster