Pertahankan Piala Adipura Kencana, Semua Sektor Bakal Dinilai

 255 total views,  2 views today

Piala Adipura Kencana diarak keliling kota dengan  rute Bandara SMB II, Jalan Kolonel H Barlian, Sudirman, Veteran, Lemabang, Patal, Perintis Kemerdekaan, Jembatan Ampera, diteruskan ke Jalan Prameswara Musi II dan berakhir dibawah Jembatan Ampera.

Piala Adipura Kencana diarak keliling kota dengan rute Bandara SMB II, Jalan Kolonel H Barlian, Sudirman, Veteran, Lemabang, Patal, Perintis Kemerdekaan, Jembatan Ampera, diteruskan ke Jalan Prameswara Musi II dan berakhir dibawah Jembatan Ampera. beberapa waktu lalu | Dok KS

PALEMBANG – Untuk mempertahankan penghargaan tertinggi dibidang kebersihan yakni Piala Adipura Kencana pada 2015, Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang, harus berusaha lebih keras lagi. Pasalnya untuk penilaian tahap satu (P1) Adipura, akan dilakukan disemua sektor termasuk perkantoran.

Kepala Badan Lingkungan Hidup (BLH) Palembang, Tabrani mengatakan, saat ini pihaknya sudah melakukan persiapan untuk P1 Adipura, yang direncanakan dilakukan di November ini.

“Untuk P1 Adipura, Palembang akan dinilai secara keseluruhan terkait kebersihannya. Jadi semua sektor dinilai, kalau dulu hanya beberapa titik pantau saja yang dinilai, nah sekarang seluruhnya, tidak ada pengecualian,” kata Tabrani yang dibincangi, kemarin.

Menurut Tabrani, apabila sebuah daerah sudah pernah meraih penghargaan Adipura Kencana, mau tidak mau penilaiannya akan lebih banyak. Berbeda halnya dengan daerah, yang belum pernah meraih Adipura Kencana.

“Palembang telah meraih Piala Adipura Kencana. Tidak ada lagi namanya titik pantau, artinya penilaian yang dilakukan tim penilai dari pusat secara menyeluruh termasuk, perkantoran, sekolah dan lainnya,” ujarnya.

Selain itu, kata Tabrani, tim penilai bebas kapanpun ingin melakukan penilaian, misalnya memantau di perumahan, sekolah, taman dan lainnya. “Kami tidak tahu dimana mereka memantau. Artinya kebersihan harus lebih ditingkatkan lagi, bukan hanya di pasar tradisional, rumah sakit dan lainnya,” ucapnya

Tabrani menjelaskan, agar Palembang lolos ke tahap P2, Palembang harus mendapat nilai diatas 72 di P1 ini. “Setelah angka tesebut didapat, secara otomatis Palembang bisa lolos ke tahap P3 yakni Adipura Kencana. Pastinya penilaiannya akan lebih ketat,” ungkapnya.

Tabrani mengaku, selain penilaian akan dilakukan secara menyeluruh, pihaknya juga harus memperhatikan soal pemilhan sampah minimal 3 ton perhari. Menurutnya, hal itu aturan baru dari pemerintah pusat.

“Tapi alhamdulillah, Kota Palembang sudah mampu melakukan pemilahan sampah 3,3 ton per hari. Sampah dari pemilahan itu, dibuat sebagai kompos dan barang bermanfaat lainnya,” akunya.

Tabrani menambahkan, kalau dibandingkan daerah lain, Kota Palembang sudah sangat baik dalam melakukan pemilahan sampah. Karena sebutnya, banyak kota metropolitan di Indonesia, yang belum melakukan hal demikian. “Kami juga berharap kepada semua lapisan masyarakat, dapat terus menjaga kebersihan Palembang. Sehingga kita kembali meraih Adipura Kencana,” tukasnya.

 

TEKS       : ALAM TRIE PUTRA

EDITOR      : DICKY WAHYUDI





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster