Pejabat Wajib Isi LHKPN

 305 total views,  2 views today

PAGARALAM – Seluruh pejabat daerah di Kota Pagaralam, mulai sekarang wajib melaporkan harta kekayaan pribadinya dan wajib mengisi Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN). Demikian dikemukakan Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Pagaralam, Drs H Safrudin MSi, kemarin (5/11).

Menurutnya, laporan tersebut diperlukan untuk mewujudkan penyelenggara negara yang bersih dan bebas korupsi.

“Ya, sesuai dengan aturan perundang-undangan tentang penyelenggaraan negara yang bersih, setiap pejabat pemerintah atau penyelenggara negara yang memangku jabatan strategis dan menyampaikan laporan harta kekayaannya kepada Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK),” kata Safrudin.

Ia mengatakan, ketentuan dimaksud merujuk pada Undang-undang Nomor 28 tahun 2009 tentang penyelenggaraan negara yang bersih dan bebas dari korupsi, serta keputusan KPK Nomor 07/KPK/02/2005 tentang tata cara pendaftaran pengumuman dan pemeriksaan laporan harta kekayaan penyelenggara negara, maka setiap pejabat wajib mengisi LHKPN.

“Sesuai data yang diperoleh BKD dan Ortala setempat, ada beberapa pejabat kita hingga kini belum pula menyampaikan data LHKPN. Untuk itu sesuai dengan aturan bagi pejabat yang belum menyampaikan laporan harap segera menyampaikan laporannya dan diselesaikan dengan cepat,” tegasnya.

Terpisah, Kepala BKD Kota Pagaralam Imam Pasli SSTP MSi melalui Sekretaris Suparman SE menyampaikan, pihaknya telah memberikan sosialisasi mengenai pengisian LHKPN dengan nara sumber dari BKD Provinsi Sumsel sebagai upaya untuk memberikan pemahaman mengenai tata cara pengisian formulir agar tidak terjadi kesalahan.

“Mengenai tata cara pengisian laporan itu, harus sesuai dengan jumlah kekayaan yang ada. Sehingga tidak terjadi kekeliruan mengenai harta kekayaan yang dilaporkan baik dan benar hingga dapat dipertanggungjawabkan,” katanya singkat.

 

TEKS     : ANTONI STEFEN
EDITOR   : RINALDI SYAHRIL





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster