Kutuan, Berjamur dan Berbau Apek, Kualitas Raskin di Lubuklinggau Memprihatinkan

 363 total views,  2 views today

ilustrasi jatah raskin | Ist

ilustrasi jatah raskin | Ist

LUBUKLINGGAU – Menyedihkan, mungkin kata ini yang paling tepat mengambarkan kualitas raskin yang di distribusikan oleh Bulog untuk masyarakat di Kota Lubuklinggau. Bagaimana tidak, raskin yang di distribusikan tersebut kualitasnya tidak layak untuk di konsumsi.

Informasi yang didapatkan Kabar Sumatera, raskin tersebut kondisinya sangat memprihatinkan. “Berasnya, kutuan, berbongkah atau membatu, warna nya kemerah-merahan, berjamur dan berbau apek,” kata Rifat Achmad, Ketua RT 09, Kelurahan Cereme Taba, Kecamatan Timur II, Lubuklinggau ketika dibincangi Kabar Sumatera, Rabu (5/11).

Rifat menyebut, sebelum menjabat Ketua RT, ia sempat menolak ketika mendapatkan raskin tersebut sebab kondisinya benar-benar tidak layak untuk di konsumsi. Tak hanya kualitas yang jelek menurut dia, harga raskin tersebut juga tidak sesuai dengan harga yang ditetapkan.

“Harga per kilogramnya Rp1.600, setiap Kepala Keluarga (KK) mendapatkan jatah 15 kilogram. Namun, praktik di lapangan, harga raskin itu berdasarkan musyawarah mufakat dengan warga,” ujarnya.

Sementara itu Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Kota Lubuklinggau, H Abdullah Matjik yang di konfirmasi, kemarin menyebut kualitas raskin yang diberikan ke Rumah Tangga Sasaran (RTS) tersebut, tentu sudah layak konsumsi dan sesuai dengan ketentuan pemerintah.

“Kalau pun ada RTS, yang mendapatkan raskin tidak layak konsumsi maka laporkan ke kita. Sehingga kita bisa klaim ke Bulog, untuk diganti dengan raskin yang kualitasnya lebih baik dan sesuai ketentuan,” ujarnya.

Untuk stok sendiri bebernya, dipastikan mencukupi sampai Desember. “Di Kota Lubuklinggau, ada 3.258 RTS yang menerima raskin tersebut. Untuk stoknya, alhamdulillah aman dan mencukupi sampai Desember nanti,” tukasnya.

 

TEKS          : SRI PRADES

EDITOR         : DICKY WAHYUDI

 





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster