Kasus Romi Herton Segera Disidangkan, Pejabat Banyak Menghilang

 355 total views,  2 views today

Romi Herton Walikota Palembang

Romi Herton Walikota Palembang | Dok KS

  • Langkah Harnojoyo tak akan Mulus

PALEMBANG – Berkas perkara atas nama Wali Kota Palembang non aktif, Romi Herton dan istrinya, Masyitoh  sudah dinyatakan lengkap atau P21 oleh penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Kepala Bagian Pemberitaan dan Informasi KPK Priharsa Nugraha menyebut, dalam waktu 14 hari kerja, berkas perkara Romi dan Masyitoh akan dilimpahkan ke pengadilan.

Kondisi tersebut ternyata mempengaruhi kinerja Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang. Buktinya, Rabu (5/11), suasana di kantor ledeng tersebut, sepi dari kegiatan. Sejumlah pejabat, banyak menghilang. Kondisi ini, terasa lain dibandingkan hari-hari biasa.

Pantauan Kabar Sumatera, agenda kegiatan Pemkot Palembang, kosong. Itu ternyata disebabkan dengan sejumlah Kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di lingkungan Pemkot Palembang, banyak yang menghilang.

Pejabat-pejabat tersebut, tidak bisa ditemui di kantornya. Bahkan banyak diantara mereka, yang telepon selulernya tidak bisa di hubungi alias tidak aktif. Informasi yang didapatkan Kabar Sumatera, para pejabat Pemkot Palembang tersebut di Jakarta tanpa kegiatan yang jelas karena tidak masuk dalam agenda Pemkot Palembang.

Sebagian lain, ada di Makasar untuk menghadiri peringatan hari pangan sedunia. “Kalau kami di Jakarta lagi ada acara work shop,” kata Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Palembang, Altur Febriansyah saat dihubungi, kemarin.

Tak akan Mulus

Sementara itu, pengamat hukum dari Universitas Sriwijaya (Unsri), Amzulian Rifai menyebut, kasus dugaan suap yang diberikan Romi Herton terhadap mantan Ketua MK, Akil Mochtar tersebut banyak menjadi perhatian publik.

Menurutnya, dari kajian hukum sebenarnya sejak Romi di tahan oleh KPK, harusnya sudah ada penunjukan pelaksana tugas (Plt) Wali Kota Palembang. Karena, sudah menjadi pengalaman, orang yang ditahan oleh KPK tidak dapat aktif kembali menjalankan tugas-tugasnya atau tidak pernah bebas.

“Itu juga diatur dalam Undang-Undang (UU) Nomor 23 tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah. Pada pasal 65 ayat (3) disebutkan, kepala daerah yang sedang menjalani masa tahanan di larang melaksanakan tugas dan kewenangannya,” sebut Amzulian, Rabu (5/11).

Amzulian menerangkan, dengan ditahannya Romi dan sebentar lagi akan menjalani persidangan, maka seperti diatur dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 6 tahun 2005 maka Wakil Wali Kota, Harnojoyo akan menggantikan posisi Romi tersebut.

“Jadi menurut saya, harusnya Harnojoyo sudah ditetapkan sebagai Plt Wali Kota Palembang. Saat ada putusan hukum berkekuatan tetap yang menyatakan Romi bersalah, maka Harnojoyo akan diangkat sebagai wali kota,” ujarnya.

Ditanya apakah kasus yang menimpah RH satu paket dengan wakilnya, Harnojoyo ? Amzulian menjawab, dalam tindak pidana maka tidak otomatis satu paket. Jika, ada keterlibatan Harnojoyo, tentu harus terlebih dahulu dibuktikan dan itu memerlukan waktu.

“Apabila kemudian terbukti Harnojoyo ikut serta dalam dalam penyuapan itu, atau terbukti turut serta melakukan tindak pidana maka akan pula diproses. Itu dari aspek yuridis,” jelasnya.

Namun sambung Amzulian, karena wali kota itu jabatan politik maka, akan sangat mungkin ada gerakan-gerakan politik yang membuat Harnojoyo, tidak akan terlalu mulus untuk duduk sebagai wali kota.

Ia meyakini pasti ada pihak-pihak yang memiliki skenario tersendiri, agar Harnojoyo tidak mulus menggantikan Romi Herton. Sementara dengan adanya pelaksana tugas, tentu ada batas-batas kewenangannya. Namun, jabatan Plt tidak akan terlalu lama. “Sidang di KPK biasanya tidak akan terlalu lama, setelah berkas perkara dinyatakan P21. Wali Kota Palembang definitif, akan ada setelah ada putusan pengadilan yang bersifat tetap untuk Romi Herton,” tukasnya.

 

TEKS         : ALAM TRIE PUTRA

EDITOR         : DICKY WAHYUDI





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster