Saat Stok Kian Terbatas, Harga Sayuran Pasang Surut

 316 total views,  2 views today

Ilustrasi | Dok KS

Ilustrasi | Dok KS

PAGARALAM – Sejak dua bulan terakhir mengalami musim kekeringan, produktivitas komoditi sayur-sayuran di Bumi Besemah merosot. Begitu pula berpengaruhi harga di pasaran, terkadang naik dan terkadang pula turun hingga menyebabkan pasokan yang ada mesti didatangkan dari luar daerah.

“Jika banyak sayuran dari luar masuk ke Pagaralam, tentu sayuran akan banyak. Selanjutnya, harga akan mengalami penurunan,” ungkap Ruslan, salah seorang agen sayur di kawasan Pasar Induk Terminal Nendagung, kemarin (4/11).

Kata Ruslan, sejumlah daerah yang kerap mengirim sayuran ke Pagaralam, diantaranya Pasmah Air Keruh Kabupaten Empat Lawang, Curup Kabupaten Rejang Lebong Provinsi Bengkulu. Ia mengatakan, biasanya sayuran dari daerah tersebut tiba di Pasar Sub Terminal Agrobisnis (STA) Nendagung pada malam hari. Sementara naik tidaknya harga sayuran, itu tergantung kondisi Pasar Induk Jakabaring.

“Jika di Jakabaring harganya naik, tentu di Pagaralam harga sayur akan naik pula,” terangnya.

Begitu pula informasi berhasil dihimpun dari sejumlah agen sayur di Pasar STA Nendagung menyebutkan, bahwa pasokan sayur dari luar daerah seperti Curup, Pasma Air Keruh tidak terjadi setiap hari. Namun, hanya ada saat stok sayuran di Pagaralam benar-benar menipis.

“Seperti kubis, di Pagaralam sedang kurang, barulah pasokan dari Curup datnag,” ujar Darwin agen sayur lainnya.

Ditambahkan Indra, salah seorang petani sawi di Dusun Tegur Wangi Lama, belum bisa bernafas lega. Ia merasa harga sawi saat ini masih belum cukup tinggi.

“Ya, harga sawi manis mengalami penurunan. Semula Rp.2500 per kg turun menjadi Rp.2 ribu per Kg,” katanya dengan nada sedikit sewot.

Sejauh ini ia mengaku heran, mengapa harga sawi manis sekarang bisa turun. Padahal stok sawi manis di Pasar Pagaralam sejauh ini tergolong sedikit. Apalgi saat ini masih musim kemarau tengah melanda Bumi Besemah.

“Kalau menanam sawi manis biasanya jumlahnya sedikit, sehingga harganya akan naik. Namun saat ini tetap saja harganya tergolong anjlok,” sebutnya.

 

TEKS     : ANTONI STEFEN

EDITOR   : RINALDI SYAHRIL

 





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster