PNPM Stop Santunan Pendidikan

 327 total views,  2 views today

PRABUMULIH – Program nasional pemberdayaan masyarakat mandiri perkotaan (PNPM) dalam upayanya melakukan pemberantasan kemiskinan tidak menyentuh dunia pendidikan, setidaknya sejak tahun lalu dana yang sebelumnya dianggarkan untuk menyantuni siswa kurang mampu dalam bentun beasiswa hingga sekarang ini ditiadakan lagi.

Koordinator Kota Prabumulih M Hatta melalui asistennya Adi Saputra menuturkan, bahwa PNPM dalam merealisasikan dana bantuan yang berjumlah RP 150 juta untuk tahap pertama  sudah caiar Rp 85 juta. Semuanya tidak ada anggaran untuk ke dunia pendidikan karena mengutamakan kegiatan yang berdampak dan berkelanjutan.

“Memang sebelumnya PNPM ada program santunan untuk siswa yang kurang mampu, namun sejak dua tahun terakhir dari pusat memang sudah dipupuskan dan fokus untuk ketiga program yang langsung bersentuhan dengan masyarakat, diantarnya seperti infrastruktur, ekonomi, dan sosial,” jelasnya.

Selain itu, lanjutnya hingga saat ini review kinerja PNPM selama enam bulan yang lalu diantaranya sebanyak 37 kelurahan dan desa merealisasikan ketiga program tersebut.

“Tiap Fascel mendapatkan dana masin-masing bantuan langsung masyarakat yang jumlahnya disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing kelurahan danDesa yang ada, dan semuanya insya Allah sudah terealisasi seperti  pembangunan setapak dilingkungnan permukiman,” tandasnya.

Sementara mengenai kendala yang dihadapi, Aldi pengurus PNPM lainnya menambahkan salah satunya adalah menurutnya harga komoditi karet sehingga fasilitator sehingga ada beberapa Desa yang rawan kriminalitas sehingga tim fasilitator tidak begitu maksimal dalam melakukan pendampingan.

“Meski begitu namun solusinya adalah tim fasilitator melakukan pendampingan dan melakukan kegiatan pada siang hari meskipun tidak secara maksimal,” tandasnya.

 

TEKS      : IRSAN MATONDANG

EDITOR    : RINALDI SYAHRIL

 





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster