PNPM Kunci Pengurangan Kemiskinan

 180 total views,  2 views today

pnpmBATURAJA – Pelaksana tugas (Plt) Bupati Ogan Komering Ulu (OKU), Kuryana Aziz menilai, Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) Mandiri Perkotaan, merupakan kunci untuk mengurangi kemiskinan masyarakat.

Sebab kata Kuryana, dalam program tersebut dapat memberikan keempatan kerja bagi mayarakat, sehingga dengan diberdayakannya dapat menunjang perekonomian mereka. “Tingkat keberhasilan PNPM, dapat kita baca di media cetak. Tingkat kebocoran program ini, kecil,” kata Kuryana yang dibincangi usai pembukaan lokakarya review PNPM Mandiri Perkotaan Kabupaten OKU 2014 di Gedung Bina Praja, Pemkab OKU, Selasa (4/11).

Ia menyebjt, keberhasilan program ini disebabkan karena program ini dilaksanakan oleh mayarakat mulai dari perencanaan, sampai dengan pelaksanaan dan didampingi oleh konsultan sehingga program ini dapat berhasil.

Walau pun begitu jelasnya, tetap saja pelaksanaan PNPM Mandiri harus di evaluasi. Lokakarya ini jelasnya, adalah bagian dari evaluasi dari pelaksanaan PNPM. “Dari evaluasi itu, bisa diketahui dimana kelemahannnya, sehingga bisa diperbaiki,” ucapnya.

Sebagai informasi lokakarya review PNPM Mandiri Perkotaan Kabupaten OKU 2014 diselenggarakan sejak Selasa (4/11) sampai Rabu (5/11) dan diikuti 60 peserta dari Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di lingkungan Pemkab OKU, PJOK, kecamatan, konsultan, perguruan tinggi, LSM dan jurnalis.

Sejumlah agenda akan dibahas dalam lokakarya tersebut, diantaranya diskusi panel dari pelaksanaan penanggulangan kemiskinan di Kabupaten OKU, serta gambaran umum Integrated Community Driven Development (CDD) Phase III-PNPM Urban 2013-2015.

Setelah itu, dilanjutkan dengan penyampaian progres PNPM perkotaan di kabupaten/kota 2014 dan rencana 2015, serta peran swata dalam PNPM perkotaan 2014 dan rencana di tahun 2015.

Sementara itu, Kepala Dinas PU CK Kabupaten OKU, Iskandar Zulkarnain menyebut, PNPM merupakan program yang sudah dilaksanakan sejak 2007. Program ini di launching pada 30 April 2007 lalu. “Pelaksnaaan program ini, sudah banyak keberhasilannya di seluruh Indonesia termasuk di OKU. Program ini, akan terus digulirkan,” tukasnya.

 

TEKS         : FITRI

EDITOR       : DICKY WAHYUDI





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster