Musim Hujan Segera Datang, Waspada Hujan Disertai Angin Kencang

 317 total views,  2 views today

Ilustrasi Siklus Cuaca | Ist

Ilustrasi Siklus Cuaca | Ist

PALEMBANG – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kenten Palembang memprediksi musim hujan di Palembang, akan berlangsung diatas tanggal 5 November mendatang. Karenanya masyarakat diminta waspada, pasalnya hujan berkemungkinan akan diikuti angin kencang.

“Prediksi kami awalnya akhir Oktober, tapi terjadi kemunduran di karenakan, hembusan angin lebih cenderung ke arah Sumatera Utara yang meliputi wilayah Aceh, dibandingkan ke Sumsel,” kata Kepala Seksi Data dan Informasi BMKG Kenten Palembang, Indra Purna saat dihubungi, Selasa (4/11).

Indra mengatakan, yang dinamakan prediksi awal November itu, bukan berarti tanggal 1 November sudah hujan. Tapi, yang dinamakan prediksi awal November itu mulai dari tanggal 1-10 November. “Kemungkinan besar hujan di Sumsel termasuk Kota Palembang, akan turun diatas tanggal 5 November,”katanya.

Indra menyebutkan, ciri-ciri akan terjadinya hujan tersebut bisa dilihat dari hembusan angin kencang, dan ada beberapa wilayah yang sudah hujan walaupun dengan intensitas kecil. “Beberapa daerah kan sudah ada yang hujan, termasuk Palembang, tapi kadarnya masih rendah,” sebutnya.

Indra mengaku, sebenarnya kemarau tahun ini lebih panjang jika dibandingkan kemarau tahun 2013. Biasanya musim hujan, sudah masuk diakhir September atau paling lamban awal Oktober. “Tetapi tahun ini, sedikit lamban. 2013 lalu, akhir September sudah mulai hujan. Untuk lama musim kemarau sendiri biasanya 4-5 bulan,” ungkapnya.

Indra menghimbau kepada masyarakat Sumsel, untuk lebih meningkatkan kewaspadaan. Karena saat ini sudah masuk pancaroba, biasanya setiap pagi akan ada angin kencang begitu juga saat malam hari. “Yah, harus lebih berhati-hati. Tapi pada dasarnya angin di Sumsel tidak pernah melebihi ambang batas, intinya harus lebih waspada,” tukasnya.

 

TEKS         : ALAM TRIE PUTRA

EDITOR       : DICKY WAHYUDI





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster