KPK Panggil Angelina Sondakh Jadi Saksi Tipikor Rizal Abdullah

 243 total views,  2 views today

Anjelina Sondakh | Foto : Ist

Anjelina Sondakh | Foto : Ist

PALEMBANG – Angelina Sondakh (36), tersangka tindak pidana korupsi (Tipikor) kasus suap anggaran proyek Wisma Atlet Palembang tahun 2011, yang telah lebih dulu menjalani hukuman penjara selama 12 tahun kurungan penjara ini, kembali menjalani pemeriksaan oleh penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Selasa (4/11).

Diperiksanya wanita yang pernah menjadi pemenang kontes kecantikan Puteri Indonesia tahun 2001 itu, terkait tipikor Wisma Atlet yang dilakukan oleh melibatkan Rizal Abdullah, selaku kepala dinas (Kadin) Pekerjaan Umum (PU) Bina Marga Sumatera Selatan (Sumsel).

Hal ini langsung disampaikan oleh Kepala Pemberitaan KPK, Priharsa Nugraha. KPK sudah melayangkan surat panggilan kepada Angelina sejak beberapa waktu yang lalu.

Pemanggilan ini merupakan pemanggilan perdana untuk janda dari Adjie Masaid tersebut. “Benar, kita sudah melayangkan panggilan kepada Anggelina untuk dimintai keterangan. Statusnya saksi untuk tersangka Rizal Abdullah,” kata Kepala Pemberitaan KPK, Priharsa Nugraha, Selasa (4/11) kemarin.

Saat proyek Wisma Atlet bergulir, jelas Priharsa, Angie (sapaan Angelina)merupakan anggota Banggar yang mengesahkan anggaran wisma atlet. Namun, saat pembahasan anggaran itulah terkuak adanya transaksi yang akhirnya mengakibatkan Angie menjadi salah satu tersangka.

Akhirnya, Angie naik persidangan dan divonis menjalani 12 tahun hukuman penjara. Selain Angie, lanjut Priharsa, KPK juga memanggil politisi PDI-P, Wayan Foster. Status pria yang pernah menjadi anggota di Komisi X DPR-RI itu sama dengan Anggelina, yakni saksi untuk Rizal Abdullah.

Sejauh ini, beber Priharsa, sudah ada belasan saksi yang dimintai keterangan untuk tersangka Rizal Abdullah terkait Wisma Atlet Palembang 2012.

Adapun yang sudah diperiksa adalah sejumlah pejabat dan Pegawai Negri Sipil (PNS) di Dinas PU Bina Marga Pemprov Sumsel. Sebagian dari mereka ada yang diperiksa dengan menumpang di Markas Kepolisian Daerah (Mapolda) Sumsel.

 

TEKS   : Oscar Ryzal

EDITOR  : SARONO P SASMITO





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster