Harnojoyo Puji Pelaksanaan PNPM

 331 total views,  2 views today

– Dana PNPM Rp 31,8 Miliar untuk Infrastruktur

PALEMBANG – Wakil Wali Kota Palembang, Harnojoyo memuji pelaksanaan Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) mandiri perkotaan di Kota Palembang, karena dianggap mampu memberikan manfaat bagi masyarakat.

Menurut Harnojoyo, pemkot merasa terbantu dengan program yang dicanangkan oleh PNPM karena disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat. “Program ini sudah lama dilakukan, dan dirasakan memberikan manfaat. Karena sepenuhnya dilaksanakan berdasarkan usulan masyarakat. Misalnya masyarakat butuh tempat mandi, cuci, kakus (MCK), yah mereka kerjakan, artinya mereka menyesuaikan keingian masyarakat,” kata Harnojoyo usai menghadiri, acara lokakarya dan pelatihan berusaha PNPM, di Hotel Arista, Selasa (4/11).

Menurut Harnojoyo, apabila masyarakat metropolis menginginkan perbaikan infrastruktur, tinggal mengajukan proposal saja, kemudian pihak PNPM akan mengecek ke lokasi apakah dinilai layak atau tidak. Apabila dianggap layak maka langsung dibangun. “Semuanya di serahkan dan diawasi masyarakat secara langsung,” ujarnya.

Politisi Partai Demokrat ini menyebut, tahun ini Palembang mendapatkan dana Rp 31,8 miliar untuk PNPM. “Seluruh kelurahan di Palembang dapat dana itu, untuk angkanya kami tidak tahu. Kita harapkan, dengan dana tersebut dapat dibangun infrastruktur seperti jalan setapak yang berguna untuk masyarakat,” harapnya.

Sementara itu, Kabid Perumahan Dinas Pekerjaan Umum Cipta Karya (PU CK) Palembang, Albert Medianto mengatakan, pada tahap I ini, dana yang dicairkan Rp 24 miliar dari total dana PNPM untuk Kota Palembang Rp 31,8 miliar.

“Dari evaluasi PNPM yang ada, tidak ada masalah. Dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) dan Inspektorat sudah lakukan evaluasi, dan tidak ada masalah. PNPM lebih baik, apalagi prosesnya dari masyarakat untuk masyarakat dan usulan dari masyarakat dengan cara musyawarah atau mufakat untuk menentukan program apa saja yang akan dilakukan,” tukasnya.

 

TEKS          : ALAM TRIE PUTRA

EDITOR         : DICKY WAHYUDI

 

 

 





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster