Final ISL 2014, Persipura Bersua Persib

 507 total views,  2 views today

persibPALEMBANG – Persipura Jayapura akan menantang Persib Bandung di final Indonesia Super League (ISL) 2014. Itu dipastikan setelah Persib berhasil mengalahkan Arema Cronus di semi final ISL 2014 yang digelar di Stadion Gelora Sriwijaya, Jakabaring, Palembang, Selasa (4/11), dengan skor akhir 2-1. Sebelumnya di stadion yang sama, Persipura menghentikan kejutan Pelita Bandung Raya (PBR) dengan skor 2-0.

Dalam pertandingan semi final pertama yang mempertemukan Persipura versus PBR, berjalan ketat. Mutiara hitam (julukan Persipura), yang unggul secara kualitas pemain harus berjuang keras untuk meraih kemenangan.

Mengusai jalannya pertandingan, Persipura kesulitan untuk membobol gawang PBR yang dikawal Denis Romanovs. Tekanan demi tekanan dilakukan Persipura, namun kokohnya barisan pertahan PBR membuat serangan dibangun Boaz Salossa dkk, mentah.

Denis Romanovs, beberapa kali mematahkan serangan Persipura. Di menit ke 16 misalnya, tendangan keras Robertino Pugliara, berhasil dimentahkan. Begitu pula, tendangan bebas Ian Kabes sedikit di luar kotak penalti, juga tak membuahkan gol.

Sementara PBR, yang mengandalkan serangan balik beberapa kali mengancam gawang Persipura yang dikawal Dede Sulaiman. Peluang emas didapatkan TA Mushafry yang terlepas dari perangkap offside pada menit ke-26, tapi tembakannya di dalam kotak penalti, masih bisa diblok Dede Sulaiman. Skor kacamata ini, bertahan sampai babak pertama usai.

Dibabak kedua, Persipura mengencarkan serangan. Menit 50 Persipura membuka peluang perdananya melalui Robertino, namun sayang tembakan spekulasi melalui kaki kiri hanya menyisir sisi kiri dari gawang Romanovs. Satu menit berselang, peluang emas didapat PBR, sepakan Bambang Pamungkas dari dalam kotak penalti tidak membuahkan hasil, Dede dengan cermat mengamankan si kulit bundar.

Setelah sekian lama mencari sela, akhirnya Persipura membuke keran golnya melalui sepakan keras BoaZ Salossa pada menit 68. Sorak sorai kembali bergemuruh setelah Boaz mencatatkan namnya di papan skor, kedudukan 2-0 untuk keunggulan Persipura hingga laga usai.

Persib Vs Arema

Sementara itu di semi final kedua, mempertemukan Persib Bandung versus Arema Cronus.
Jual beli serangan langsung diperlihatkan kedua kubu sejak kick off dimulai. Hingga menit ke 20, duet lini depan Arema,. Alberto Goncalves dan Cristian Gonzales, belum bisa memecah kebuntuan walau sokongan bola dari lini tengah cukup signifikan.

Begitupula Persib Bandung yang mengandalkan striker Ferdinand Sinaga dan Tantan, masih sulit melewati pertahanan Arema yang dikomandoi Victor Igbonefo. Duel semakin sengit ketika dua kubu menerapkan permainan cepat dan serangan balik, namun belum ada satupun peluang emas yang didapat kedua belah tim.

Sulitnya menerobos pertahanan Persib, Gonzales berspekulasi melakukan tembakan dari jarak jauh. Walau cukup terukur dan keras, namun masih belum menemui sasaran. Lima menit sebelum turun minum, Arema mencoba mengurung Persib Bandung, upaya Gustavo Lopes untuk memecah kebuntuan dengan melepaskan tembakan dari jarak jauh masih bisa ditepis I Made Wirawan dan hanya menghasilkan sepak pojok. Hingga turun minum, skor imbang tanpa gol.

Dibabak kedua, Arema mengejutkan pendukung Persib. Pertandingan baru berjalan satu menit, gawang Persib yang dikawal I Made Wirawan dikoyak oleh sepakan Alberto Goncalves.

Ketinggalan 0-1, Persib Bandung terus lakukan tekanan kepada Arema, terlihat Jajang memberi suntikan tenaga baru, menarik Tantan dan memasukkan Atep. Upaya Persib untuk menyamakan kedudukan akhirnya berhasil pada menit 83. Gol balasan tersebut diciptakan bek Vladimir Vujovic yang naik membantu serangan, Vladimir memanfaatkan kemelut didepan gawang Arema. Kedudukan imbang ini bertahan hingga babak kedua berakhir, sehingga wasit harus memberikan tambahan waktu.

Di ekstra time inilah, menjadi bencana bagi Arema. Menit pertama tambahan waktu, Atep membalikkan keadaan untuk keunggulan Persib. Ia berhasil membobol gawang Arema yang dikawal Kurnia Mega, sehingga kedudukan berubah menjadi 2-1 untuk Persib. Menit 15 tambahan waktu, giliran gelandang Persib, Makan Konate yang memaksa Kurnia Mega memungut bola dari gawangnya, sehingga kedudukan menjadi 3-1 untuk keunggulan Persib. Skor ini, bertahan sampai peluit panjang dibunyikan. Dengan begitu, Persib akan bersua Persipura di final ISL 2014.

 

TEKS      : IQBAL
EDITOR     : DICKY WAHYUDI





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster