Palembang Ingin Swasambada Pangan

 332 total views,  2 views today

Wakil Wali Kota Palembang H Harnojoyo saat menjadi Inspektur Upacara dalam Peringatan Hari Kesaktian Pancasila di BKB

Wakil Wali Kota Palembang H Harnojoyo saat menjadi Inspektur Upacara Beberapa Waktu Lalu | Dok KS

PALEMBANG – Selama ini kebutuhan pangan di Palembang, masih dipasok dari kabupaten/kota di Sumatera Selatan (Sumsel) bahkan dari provinsi lain di Indonesia. Kedepan, Palembang ingin bisa swasambada pangan setidaknya bisa mencukupi kebutuhan lokal.

Untuk mencapainya menurut Wakil Wali Kota Palembang, Harnojoyo, tidaklah terlalu sulit asalkan ada kemauan dari masyarakat. “Karenanya kita menghimbau masyarakat untuk peduli terhadap pengembangan pangan lokal,” kata Harnojoyo yang dibincangi usai peringatan Hari Pangan Sedunia sekaligus pencanangan Gerakan Perempuan Tanam dan Pelihara Pohon (GPTPP) di halaman kantor Camat Sematang Borang, Senin (3/11).

Ia menghimbau masyarakat, untuk memanfaatkan perkarangan rumahnya untuk menanam berbagai tanaman sepeti cabai, dan sayur-sayuran. Itu sebutnya, tidak terlalu sulit asalkan ada kemauan. Jika itu dilakukan masyarakat, ia yakin maka Palembang bisa mencukupi kebutuhan akan sumber pangan sendiri tanpa harus menunggu pasokan dari daerah lain.

Dalam kesempatan itu, Harnojoyo juga melakukan penanaman pohon dan pemberian bantuan modal kawasan pangan berupa, sayuran, bibit ikan lele, ternak unggas, pupuk serta obat-obatan. “Kami harap, dengan diberikannya bantuan tersebut, bisa dikembangkan oleh masyarakat. Sehingga keinginan untuk berswasembada, bisa segera terwujud,” harapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian, Perikanan dan Kehutanan (DP2K) Palembang, Harrey Hadi mengatakan, DP2KP sudah mempersiapkan lahan di kawasan Kelurahan Talang Jambe, untuk dikelola petani sayur-sayuran untuk bercocok tanam. “Kami sudah siapkan lahan. Itu salah satu upaya kami untuk swasembada pangan,” tukasnya.

 

TEKS          : ALAM TRIE PUTRA

EDITOR         : DICKY WAHYUDI





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster