Muaraenim Kekurangan 3000 PNS

 316 total views,  2 views today

Para TKS dan PNS di jajaran Pemkab PALI seusai mengikuti apel rutin.

Ilustrasi PNS | Dok KS

MUARAENIM – Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kabupaten Muaraenim, Hj Siti Herawati mengaku saat ini jumlah Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Kabupaten Muaraenim, masih sangat minim.

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Muaraenim sebut Herawati, masih membutuhkan sekitar 3.000 orang PNS lagi untuk disebar disejumlah Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD). “Kita masih kekurangan sekitar 3000 PNS lagi, kita berharap dalam jangka waktu lima tahun kekurangan ini dapat terpenuhi,” kata Herawati yang dibincangi di ruang kerjanya, Senin (3/11).

Namun harapan itu sebut dia, sulit terwujud. Karena, setiap kali mengajukan formasi penerimaan ke pemerintah pusat hanya sedikit yang dikabulkan. Bahkan tahun ini, Kabupaten Muaraenim hanya mendapat jatah 97 formasi.

Padahal jelas Herawati, setiap tahunnya jumlah PNS di lingkungan Pemkab Muaraenim yang pensiun sebanyak 200 orang. “Kita pesimis, selama lima tahun kekurangan PNS di Kabupaten Muaraenim akan terpenuhi. Apalagi, ada rencana pemerintah untuk melakukan moratorium PNS. Artinya, selama lima tahun kedepan tidak ada penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS),” ucapnya.

Di Kabupaten Muaraenim beber Herawati, ada dua SKPD yang kekurangan pegawai. Kedua SKPD dimaksud yakni Dinas Pendidikan dan Kebudayan (Disdikbud) dan Dinas Kesehatan (Dinkes). Disdikbud terangnya, masih membutuhkan banyak tenaga pengajar atau guru, sementara Dinkes membutuhkan tenaga bidan, perawat dan dokter.

“Namun pada dasarnya semua SKPD, masih kekurangan PNS. Untuk mensiasati kekurangan ini, kita mengefektifkan kinerja PNS yang ada. Kita berharap ada solusi dari pemerintah pusat, untuk mengatasi kekurangan PNS di Muaraenim,” tukasnya.

 

TEKS         : SISWANTO

EDITOR        : DICKY WAHYUDI





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster