“Kabut Asap Datang Lagi di Empat Lawang”

 308 total views,  2 views today

EMPAT LAWANG – Meskipun hujan beberapa hari terakhir, sudah sempat membuat kabut asap hilang di Empat Lawang, namun Senin (3/11), kabut asap kembali dirasakan warga terutama di Kecamatan Tebing Tinggi.

Pantauan Kabar Sumatera, kabut asap tersebut tergolong tipis dan tidak mengganggu pandangan pengendara. Namun tetap saja, membuat perih di mata dan mengganggu pernafasan. “Ada kabut asap lagi, padahal beberapa hari sebelumnya sudah hilang,” kata Nurdin (36), warga Kelurahan Tanjung Kupang, kemarin.

Ia menduga, kabut berasal dari daerah lain atau kiriman. Sebab katanya, sejauh ini belum ada informasi lahan di wilayah Empat Lawang terbakar.

Senada dikatakan Nusi, salah satu warga Tebing Tinggi. Ia mengaku terkejut, saat bangun tidur dan setelah membuka jendela kamarnya, terlihat kabut cukup tebal. “Saya kira itu embun, tapi setelah beberapa jam, kabut itu masih terlihat. Ternyata kabut asap ada lagi. Mungkin bukan saya saja yang terkejut, warga lain juga terkejut karena beberapa hari hujan sudah mulai turun,” ujarnya.

Kepala Badan Lingkungan Hidup Daerah (BLHD) Empat Lawang, Darno Bakar yang melalui Kabid Amdal, Iskandar yang dibincangi di ruang kerjanya, membenarkan adanya kabut asap di wilayah Empat Lawang.

Ia menjelaskan, kabut asap tersebut merupakan kiriman dari daerah lain, sebab beberapa hari terakhir Empat Lawang sudah sering turun hujan. “Untuk sementara titik api tidak ada. Kami juga sudah beberapa kali menghimbau warga, untuk tidak membakar hutan untuk membuka lahan. Di wilayah-wilayah yang jauh juga diberi himbauan, agar waspada,” tukasnya.

 

TEKS        : SAUKANI

EDITOR       : DICKY WAHYUDI

 

 

 

 





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster