Gudang Rokok Terbakar, Pipa Pertamina Nyaris Meledak

 42 total views,  3 views today

PALEMBANG – Si Jago Merah kembali mengamuk, satu unit rumah dan gudang rokok yang berada di Jalan Seduduk Putih, Kelurahan 8 ilir, Kecamatan Ilir Timur I Palembang hangus terbakar. Tidak hanya itu api juga hampir menyambar dan membuat pipa milik Pertamina meledak, Senin (3/11) sekitar pukul 12.00 WIB.

Beruntung dalam kejadian tersebut tidak mengakibatkan korban jiwa, namun tidak ada satu barang pun yang berhasil diselamatkan dari rumah Bambang (30), yang berukuran 9×4 meter tersebut.

Sementara api baru bisa dipadamkan secara total setelah delapan unit mobil pemadam kebakaran dikerahkan selama dua jam. Belum diketahui penyebab kebakaran tersebut, namun diduga kebakaran berasal dari arus pendek listrik.

Kebakaran berawal saat warga mengetahui ada asap hitam yang keluar dari bagian Gudang Rokok Sampoerna, saat itu warga yang melihat langsung berteriak kebakaran hingga warga di sekitar tempat kejadian memadamkan api dengan alat seadanya, hingga salah satu warga menghubunggi tim pemadam kebakaran.

Tim pemadam kebakaran yang menerima laporan tersebut, dipimpin langsung oleh Kepala BPK Palembang Edison langsung mendatangi lokasi dengan mengerahkan delapan unit mobil kebakaran. Alhasil satu jam melakukan pemadaman api berhasil dipadamkan.

“Saya tidak tahu kalau rumah kebakaran soalnya saya lagi kerja, tadi pas mau makan dapat kabar kalau rumah kebakaran, saat saya pulang api sudah besar,” kata Bambang.

Dilanjutkan Bambang jika dirinya sudah tidak berani masuk ke dalam rumah untuk menyelamatkan barang berharga milikya, selain api sudah dalam keadaan besar ada pipa Pertamina di depan rumahnya. “Ada pipa takutnya meledak, soalnya api tadi sudah membesar,” ujar Bambang yang ditemui di lokasi kejadian.

Agus Sapari mengatakan jika dirinya tidak mengetahui secara persis asal api, menurutnya gudang yang dijadikan penyimpanan rokok tidak ada aktifitas di dalamnya.

“Tidak ada orang di dalam gudang itu, sehingga kami tidak tahu apa penyebab api itu, yang jelas saat saya pulang api itu sudah membesar,” ujar Agus Sapari selaku pimpinan PT Niaga Nusa Abadi cabang Palembang yang bergerak dalam distribusi rokok.

Sementara itu Kapolsek IT I Palembang, Ajun Komisaris Polisi (AKP) Ari mengatakan jika olah TKP yang dilakukan belum bisa menyimpulkan apa penyebab dari kebakaran tersebut. “Kita masih akan menyelidiki penyebab kebakaran tersebut, yang jelas dalam peristiwa ini tidak mengakibatkan korban jiwa,” kata Ari.

Sementara itu saat ditanya mengenai ledakan yang terjadi saat terjadinya kebakaran, menurut Kapolsek yang meledak hanya kaleng yang berisi minyak atau oli. “Itu hanya oli saja, bukan pipa Pertamina sejauh ini pipa dalam keadaan aman dari kebakaran,” pungkas Kapolsek.

 

TEKS    : Oscar Ryzal

EDITOR   : SARONO P SASMITO





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development by oktopweb.com