Dewan Diminta Bersinergi dengan Pemerintah

 337 total views,  2 views today

EMPAT LAWANG – Bupati Empat Lawang, H Budi Antoni Aljufri optimis jika Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Empat Lawang 2015, bisa lebih cepat setidaknya berjalan di awal tahun. Hal itu menyusul, telah dilantiknya unsur pimpinan DPRD Empat Lawang periode 2014-2019, dan sesegera mungkin terbentuk alat kelengkapan DPRD.

“Kita upayakan gerak cepat, setidaknya Januari APBD 2015 sudah bisa digunakan, agar program pembangunan Empat Lawang bisa lebih efektif,” kata HBA pada pelantikan unsur pimpinan DPRD Empat Lawang, Senin (3/11).

Diakui HBA, hubungan antara pemerintah eksekutif dan legislatif di Empat Lawang sejauh ini cukup kondusif, peran serta wakil rakyat dalam pembangunan sangat efektif dan maksimal.

Makanya imbuh HBA, dirinya mengajak agar kedepan eksekutif dan legislatif bisa bersatu padu, melepaskan dahulu warna politik masing-masing dan menjadi satu dalam warna Indonesia yaitu merah dan putih. “Kalau eksekutif dan legilatif bersatu, masyarakat menikmati hasilnya,” ujar HBA.

Lebih jauh mengenai APBD, HBA meminta agar secepatnya setelah dibentuk alat kelengkapan DPRD Empat Lawang bisa langsung ke pembahasan bersama pengajuan rancangan peraturan daerah (Raperda) ke legislatif.

“Masih banyak Pekerjaan Rumah (PR) harus dikerjakan, masyarakat butuh kinerja dan efektifitas kerja pemerintah,” sebutnya seraya menambahkan bahwa peran DPRD bukan hanya sebagai legislatif, tetapi mitra dan bagian dari pemerintah dalam membangun daerah.

Sementara itu Ketua DPRD Empat Lawang, H David Hadrianto memastikan, sepanjang visi misi dan program kerja pemerintah tidak menyimpang dan pro terhadap kepentingan masyarakat, DPRD akan tetap mendukung.

Namun sebaliknya, jika ada yang menyimpang DPRD akan kritis. Sebagai mitra dan bisa disebut juga bagian dari pemerintah, tentu legislatif akan mendorong percepatan pembangunan demi tercapainya kesejahteraan masyarakat.

Kedepan sebut David, dalam menjaring aspirasi masyarakat DPRD tidak lagi menunggu laporan ataupun pengajuan dari masyarakat terkait pembangunan, namun akan turun kebawah mengikuti musyawah rencana pembangunan (Musrenbang) dari tingkat desa hingga kecamatan.

“Kedepan kita harus lebih banyak turun kebawah menyerap aspirasi masyarakat, para anggota dewan harus memahami itu, tidak ada lagi istilah menunggu saja,” jelas David seraya menyakini, kedepan DPRD Empat Lawang siap bersinergi dengan pemerintah dalam hal ini pihak eksekutif.

Mengenai kelengkapan DPRD imbuhnya, setelah pelantikan dijadwalkan pada 5 November nanti pihaknya akan menggelar rapat interen pembentukan dan pengesahan tata tertib DPRD, kemudian pembentukan kelompok kerja (Pokja) terdiri dari tiga Pokja.

Tidak menunggu lagi, pada 6 November langsung dilakukan rapat pembentukan alat kelengkapan DPRD meliputi tiga komisi, Badan Musyawarah dan Badan Kehormatan (BK). Setidaknya ada 12 posisi yang diisi, dan pengisian nanti akan dilakukan secara musyawarah mufakat. “Kita upayakan musyawarah mufakat, ada enam fraksi DPRD jadi bisa dikoordinasikan bersama,” tukasnya.

 

TEKS        : SAUKANI

EDITOR      : DICKY WAHYUDI

 





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster