5000 Hektar Lahan di OKI Terbakar

 305 total views,  2 views today

Kebakaran hutan di Kecamatan Pangkalan Lampam.

Kebakaran hutan di Kecamatan Pangkalan Lampam. Ogan komering Ilir, beberapa Waktu Lalu  | Dok KS

PALEMBANG –  Kabut asap yang kembali menyelimuti Sumsel, dituding berasal dari kebakaran lahan di Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI). Namun Bupati OKI, Iskandar, tak mau mengakuinya. Ia menyebut, Bumi Bende Seguguk tersebut bukanlah penyumbang utama kabut asap di Sumsel.

Iskandar menjelaskan, jumlah lahan di Kabupaten OKI yang terbakar sudah mencapai 5000 hektare (Ha), yang menyebabkan timbulnya banyak asap. Dari jumlah tersebut, 3000 Ha terdapat di Cengal dan 2000 Ha di Tanjung Lubuk.

“Hari ini (kemarin) kita memenuhi panggilan gubernur, yang meminta keterangan soal kebakaran hutan dan lahan di OKI. Kita sudah jelaskan semuanya kepada pak gubernur, dan kita sama-sama berkoordinasi untuk menyelesaikan masalah ini,” kata Iskandar di Pemprov Sumsel, Senin (3/11).

Walaupun enggan mengakui secara jelas saat ditanyai wilayah OKI merupakan penyumbang titik api dan asap yang selama ini menyelimuti, Iskandar menjelaskan bahwa selama ini sudah berusaha maksimal dalam memadamkan titik api yang berada di wilayahnya.

Namun, memang keadaan di lapangan ada kesulitan menyusul luasnya lahan yang cukup susah dijangkau melalui darat. “Sejauh ini belum didapati indikasi, kalau perkebunan milik perusahaan yang terbakar. Tetapi, yang sudah diketahui percikan-percikan api yang masuk ke lahan gambut tersebut, banyak dari perkebunan masyarakat,” kilahnya.

Iskandar menambahkan, menanggapi instruksi gubernur, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) OKI melalui perangkat kerjanya, akan berusaha menanggulangi kebakaran lahan untuk meminimalisir kabut asap.

 

TEKS           : IMAM MAHFUZ

EDITOR         : DICKY WAHYUDI





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster