Warga Lubuklinggau Dihimbau Waspadai DBD

 289 total views,  2 views today

Foging untuk Mengantisipasi DBD

Ilustrasi Foging untuk Mengantisipasi DBD | Dok KS

LUBUKLINGGAU – Masyarakat di Kota Lubuklinggau dihimbau, untuk mewaspadai mewabahnya Demam Berdarah Dengue (DBD). Pasalnya saat ini, sudah masuk ke musim pancaroba atau peralihan musim dari musim kemarau ke penghujan.

Di pancaroba tersebut kata Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Lubuklinggau, dr Nawawi Akib, DBD mudah merebak. “DBD sangat mudah menyerang warga pada perubahan cuaca, terutama awal musim hujan seperti ini. Masyarakat harus waspada, dengan melakukan pencegahan dini terhadap penyebaran nyamuk aedes aegypti yang merupakan nyamuk penyebab DBD,” kata Nawawi, kemarin.

Menurutnya, saat ini sudah ada warga Lubuklinggau yang terjangkit DBD yakni warga Kelurahan Ceremeh, Kecamatan Lubuklinggau Timur I. Karenanya sebut Nawawi, harus dilakukan pemberantasan sarang nyamuk tersebut agar tidak berkembang.

Dinkes sebutnya, akan melakukan fogging atau pengasapan untuk memusnahkan jentik-jentik nyamuk. “Warga kita himbau untuk membersihkan lingkungan tempat tinggalnya, misalnya membersihkan selokan, gorong-gorong,” ujarnya.

“Kita juga meminta warga membersihkan bak mandi,tong penyimpanan air, got atau saluran pembuangan air, dan mengubur sampah perumahan, supaya nyamuk pergi dan jentik-jentik nyamuk mati,” sambungnya.

Ia juga menekankan agar masyarakat yang selesai menggelar hajatan, untuk membersihkan gelas-gelas bekas kemasan air minum yang sering berserakan. “Karena tempat tersebut, bisa menjadi tempat penampungan air hujan yang membuat nyamuk untuk berkembang biak,” tukasnya.

 

TEKS         : T MASRI SYAH

EDITOR       : DICKY WAHYUDI





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster