PDAM Kembangkan Jaringan Air Bersih

 276 total views,  2 views today

Ilst. Air

Ilst. Air

EMPAT LAWANG – Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Empat Lawang, kini tengah mengembangkan jaringan distribusi air bersih. Jika telah selesai dibangun, nantinya jaringan air bersih tersebut bisa mengaliri kompleks perkantoran Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Empat Lawang dan kawasan pemukiman.

Pantauan Kabar Sumatera, jaringan air bersih tersebut tengah dibangun di kawasan Talang Banyu, Kelurahan Tanjung Kupang. Sejumlah pekerja terlihat tengah menggali untuk menanam pipa jaringan air bersih disepanjang Jalan Lintas Tengah Sumater (Jalinterngsum), Talang Banyu, Kecamatan Tebing Tinggi menuju kawasan Perkantoran Pemkab Empat Lawang.

“Itu tahap awal, setelah selesai penggalian maka pipa jaringan distribusi akan ditanam. Nantinya jaringan air bersih ini, akan menjangkau kompleks perkantoran dan pemukiman warga di Perumnas Cros, Kecamatan Tebing Tinggi,” kata Direktur PDAM Empat Lawang, Subidyo yang dibincangi, kemarin.

Ia menyebut, pembuatan parit tersebut dikerjakan Dinas Pekerjaan Umum (PU) Cipta Karya (CK). Sementara penanaman pipa jaringan air bersih, akan dilakukan oleh PDAM. “Sebenarnya kita menginginkan jaringan air bersih ini, bisa sampai ke kawasan Kantor Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan RSUD Empat Lawang. Itu sudah kita usulkan, namun tidak terealisasi tahun ini,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas PU CK dan Pengairan Empat Lawang, Syarkowi Rasyid dibincangi terpisah menyebut, pengerjaan galian untuk jaringan pipa air bersih PDAM itu sudah dilakukan sejak beberapa hari yang lalu. “Sudah semingguan pembuatan parit itu dikerjakan, di kawasan Perumnas Cros. Kemarin pengkerjaanya di pinggiran Jalan Lintas,” ujarnya.

Menurut Syarkowi, parit-parit tersebut sampai ke perkantoran Pemkab Bupati Empat Lawang sehinga perkantoran bisa menikmati air bersih dari PDAM. Sedangkan untuk dana yang digunakan untuk pembuatan parit tersebut, berasal dari APBD Empat Lawang. “Dananya dari APBD Empat Lawang. Pipa PDAM nanti akan sampai ke perkantoran dan rumah warga,” tukasnya.

 

TEKS        : SAUKANI

EDITOR       : DICKY WAHYUDI





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster