Oknum Tentara Mengamuk di BKB, Pedagang Aksesoris Alami Luka Tembak

 247 total views,  2 views today

Lahan Parkir di BKB yang dipasang Garis Polisi Setelah Terjadi Insiden | Dok KS

Lahan Parkir di BKB yang dipasang Garis Polisi Setelah Terjadi Insiden | Dok KS

  • Rebutan Lahan Parkir
  • Dua Jukir Anggota Korem Gapo Babakbelur

PALEMBANG – Diduga ingin menguasai lahan pakir di kawasan pelantaran Benteng Kuto Besak (BKB), Palembang, dua oknum tentara yang diduga bertugas di Kesdam II Srwiijaya, Sabtu (1/10) malam sekitar pukul 19.30 WIB, mengamuk.

Akibatnya, Wendi (20), pedagang aksesoris dan dua juru parkir (jukir) di kawasan tersebut yakni Joni Tori (32), warga Jalan Merah Mata, Kalidoni serta Edi, warga Jalan Ki Gede Ing Suro, menjadi korban.

Informasi yang didapatkan Kabar Sumatera, Wendi mengalami luka tembak akibat peluru nyasar. Timah panas tersebut, bersarang di pinggul bagian kanannya. Sementara Joni dan Edi mengalami luka lebam, akibat dipukul menggunakan senjata api (senpi) dan senjata tajam (sajam).

Bukan hanya tiga warga tersebut yang menjadi korban, anggota Komando Rayon Meliter (Korem) 044/ Garuda Dempo, Praka Hamzan Padidi yang bertugas di Kompi Markas Korem (Kimarem), juga ikut menjadi korban keberingasan dua oknum tentara tersebut.

Praka Hamzan yang saat itu sedang istirahat di Pos Bagian Informasi Kebudayaan, Disbudpar di BKB, tiba-tiba dijemput paksa oleh oknum tentara tersebut. Ia dibawa ke Kantor Kesdam II Sriwijaya. Disana Praka Hamzan, ditelanjangi oleh rekan-rekannya sesama tentara.

Mengamuknya oknum anggota Kesdam II Sriwijaya itu, diduga karena persoalan lahan parkir. Kawasan parkir di BKB yang selama ini dikelola sejumlah juru parkir tersebut, sebelumnya disteril kan oleh Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Palembang, untuk mencegah kemacetan.

Namun masih ada sejumlah jukir, yang nekat melakukan aktivitas di kawasan tersebut. Karenanya sejumlah jukir lainnya, kemudian memasang police line di kawasan tersebut guna mencegah adanya aktivitas parkir kembali. Hal inilah kemudian, yang diduga membuat marah oknum tentara tersebut.

“Lahan parkir tersebut, berada di lahan kita. Oleh Dishub diminta untuk di kosongkan sehingga kami kosongkan, namun masih ada orang yang parkir dan ada oknum jukir yang memungut uang parkir atas perintah oknum tentara tersebut. Karenanya kami pasang police line, biar kami tidak disalahkan. Ternyata itu membuat dia marah,” kata Mancik Man (51), pengawas juru parkir BKB yang dibincangi di Ruang K.9, RS Myria, Palembang, kemarin.

Mancik menyebut, pada malam kejadian, Edi dihampiri oleh oknum tentara yang diketahuinya adalah Sertu O dan Lettu J. Keduanya terang Mancik, datang ke lokasi kejadian dengan membawa sajam dan senpi sambil marah-marah.

“Edi dipukuli, ia mengalami luka memar di kepala. Edi kemudian berlari dan bertemu dengan Tori yang juga mengalami luka memar di kepala. Tak lama kemudian, keduanya dihampiri Sertu O, menanyakan keberdaan Hasan. Mereka mengancam akan menembak, jika tidak mamu memberitahu keberadaan Hasan. Ternyata itu bukan ancaman, dia benar-benar menembak. Untungnya Tori menunduk, sehingga peluru mengenai pedagang aksesoris,” sebut Mancik.

“Kami kemudian melapor ke Denpom. Sekitar 30 menit kemudian, kami mendapat kabar kalau Hamzan dibawa ke Kesdam, disana ia dianiaya tanpa sebab. Untungnya kakak Hamzan datang bersama anggota Denpom,” jelasnya.

Sementara itu Praka Hamzan yang dibincangi terpisah mengaku tidak bisa terima dengan penganiayaan yang dialaminya tersebut. “Aku tidak tahu, tiba-tiba dibawa mereka kemudian dipukuli. Padahal mereka sudah tahu, siapa aku. Aku tidak terima,” ujarnya.

Sementara itu, sampai berita ini diturunkan Kepala Penerangan Kodam (Kapendam) II Sriwijaya, Kolonel Inf Arianto, belum bisa dihubungi. Hanphone (HP) nya yang dihubungi sebanyak dua kali, walau keadaan aktif namun tidak diangkat. Yang terdengar hanyalah nada sibuk.

 

TEKS         :  OSCAR RYZAL/ARDHY FITRIANSYAH

EDITOR       :  DICKY WAHYUDI





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster