LCGC Hadir, Penjualan Mobil Bekas Menurun

 353 total views,  2 views today

Daihatsu AGYA

Daihatsu AGYA salah Satu Mobil LCGC yang Beredar di Palembang | Dok KS

PALEMBANG – Hadirnya mobil jenis low cost and green car (LCCC) atau yang sering disebut dengan mobil harga murah, membuat pedagang mobil bekas di Kota Palembang merugi. Pasalnya banyak konsumen cendrung memilih mobil murah tersebut dibandingkan membeli mobil bekas.

Menurt Dudit, Pemilik showroom mobil bekas di Jalan Soekarno-Hatta Palembang mengatakan, sejak hadirnya mobil LCCC, untuk penjualan mobil bekas mengalami penurunan. Padahal sebelum adanya mobil LCCC ini peminat mobil bekas di Palembang cukup tinggi.

“Sebulan kita mampu menjual mobil bekas sebanyak 7-10 mobil, namun sekarang hanyak 3-5 mobil bekas yang terjual. Kadang, dalam sebulan kita tidak satupun ada mobil yang laku terjual,” kata Dudit, Minggu (2/11).

Dia menambahkan, sebelum adanya mobil murah, untuk pasaran mobil sedan baru berkisar Rp150 juta-an, sedangkan harga bekasnya tergantung dengan lama pemakaian dan kondisi fisik mobil tersebut, harganya berkisar Rp75 juta hingga Rp130 juta-an. Sedangkan harga mobil LCGC yang diluncurkan pabrikan berkisar Rp80 juta hingga Rp130 juta. Sehingga, banyak konsumen yang memilih mobil murah itu.

“Dengan hadirnya mobil LCCC ini, banyak masyarakat yang berali untuk memiliki mobil baru dengan harga murah, dibandingkan untuk membeli mobil bekas,” ungkapnya.

Namun Dudit mengaku tidak begitu merasa rugi, karena pangsa pasar mobil bekas masih cukup baik khususnya untuk merek-merek tertentu. “Saat ini kita banyak memiliki mobil bekas yang kualitas prima dan tidak jauh berbeda dengan mobil LCCC,” katanya.

Sementara itu, Fandi, pegawai dealer mobil bekas di Jalan Basuki Rahmat Palembang, mengatakan, biasanya sebanyak 10 unit sedan bekas terjual selama sebulan, tetapi semenjak mobil LCGC launching, penjualan hanya 3 unit per bulan.

“Masyarakat lebih antusias terhadap mobil LCGC itu, dibandingkan membeli mobil bekas” ungkapnya.

TEKS      : AMINUDDIN

EDITOR    : RINALDI SYAHRIL

 





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster