Kunjungan Wisatawan ke Sumsel Diprediksi Meningkat

 296 total views,  2 views today

Pulau Kemaro | Foto : Bagus Kurniawan

Pulau Kemaro | Foto : Bagus Kurniawan

PALEMBANG – Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Sumsel berharap kunjungan wisatawan ke Sumsel, terus meningkat setiap tahun, terlebih dengan adanya event-event internasional dan nasional yang diselenggarakan di Sumsel.

Pada tahun ini saja, tercatat ada beberapa event internasional dan event nasional yang digelar di Sumsel seperti Islamic Solidarity Games, MTQ Internasional dan tidak lama lagi juga akan digelar Festival Film Indonesia (FFI) 2014 dan Asian University Games (AUG), pada Desember mendatang.

Kepala Bidang Pariwisata Disbudpar Sumsel, Zainal Arifin mengatakan pihaknya mentargetkan kunjungan wisatawan setiap tahun dapat terus mengalami, peningkatan meski peningkatannya relatif kecil yakni hanya sebesar 15 persen dari tahun sebelumnya.

“Dari target 15 persen tersebut, paling realisasinya hanya terjadi peningkatan sekitar 10 persen pertahunnya. Namun, jika persentase tersebut bisa mencapai target itu sudah sangat luar biasa,” jelasnya saat dibincangi, kemarin.

Saat ini berapa banyak kunjungan wisatawan terangnya, belum diketahui. Sebab data tersebut, didapatkan Disbudpar Sumsel dari Disbudpar kabupaten/kota. Itu terangnya, baru dilaporkan diakhir tahun.

“Namun saat ini, tercatat jumlah wisatawan yang melakukan kunjungan ke Sumsel sebanyak 32 ribu untuk wisatawan asing. Sedangkan untuk wisatawan lokal, tercatat sebanyak 3,4 juta yang berkunjung ke Sumsel,” bebernya.

Jumlah wisatawan domestik terangnya, lebih banyak dikarenakan di Sumsel banyak digelar event nasional. Selain itu juga Sumsel, saat ini sering dijadikan destinasi untuk MICE (Meeting, Incentive, Conference, Exhibition). Sehingga pintu kedatangan semakin dipenuhi oleh warga-warga domestik.

“Kita prediksi puncak kunjungan wisatawan itu biasanya terjadi pada bulan November-Desember, karena pada bulan tersebut banyak orang yang mendapatkan liburan sekolah maupun liburan akhir tahun,” tukasnya.

 

TEKS        : IMAM MAHFUZ

EDITOR       : DICKY WAHYUDI

 





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster