Hebat, Anggota Dewan “Kebal” Hukum

 214 total views,  2 views today

ilustrasi | Ist

ilustrasi | Ist

  • Harus Izin Mendagri dan Ketua Dewan
  • Untuk Panggil Dewan Bermasalah

PALEMBANG – Hebat, mungkin kata ini yang paling tepat menggambarkan perlindungan terhadap anggota DPRD Sumsel. Bagaimana tidak, Dewan Sumsel, kini memiliki perlindungan agar bisa “kebal” hukum. Perlindungan tersebut, ada di kode etik DPRD Sumsel yang disahkan, Kamis (30/10) lalu.

Dalam kode etik tersebut menurut Sekretaris Fraksi Partai NasDem DPRD Sumsel, Edy Riyanto, diatur hak imunitas dewan. Artinya, penyidik baik polisi maupun kejaksaan tidak akan bisa sembarangan untuk memeriksa atau memintai keterangan anggota dewan yang bermasalah dengun hukum.

“Untuk memanggil atau memeriksa anggota dewan, harus ada izin Menteri Dalam Negeri (Mendagri) dan Ketua DPRD Sumsel dulu. Tentu ada batas waktunya, sampai kapan izin itu ditunggu,” kata mantan anggota DPRD Prabumulih ini ketika dibincangi di ruang kerjanya, kemarin.

Aturan ini jelas dia, di adopsi dari Undang-Undang (UU) MD3 yang ditetapkan DPR RI periode 2009-2014 diujung masa pengabdiannya. Didalam UU tersebut, anggota dewan yang dipanggil penyidik baik kepolisian, kejaksaan dan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), harus ada izin Ketua DPR. “Namun izin itu tentu ada batas waktu nya, misalnya dalam jangka berapa lama jika izin belum keluar maka penyidik bisa memanggil anggota dewan tersebut,” ujarnya.

Tetapi sebut mantan anggota DPRD Kota Prabumulih ini, selama ini belum ada anggota dewan yang bermasalah dengan hukum. Ia pun berharap itu tidak terjadi di periode mendatang.

Bagaimana dengan kedisplinan anggota dewan, menurut Edy itu juga diatur dalam kode etik. Anggota dewan yang tidak hadir kegiatan tertentu selama enam kali berturut-turut tanpa keterangan jelas, maka akan mendapatkan teguran lisan.

 

TEKS      : ARDHY FITRIANSYAH

EDITOR     : DICKY WAHYUDI

 





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster