Dishub-Polres tak ada Koordinasi, Bandara Silampari Minim Pengamanan

 336 total views,  2 views today

Bandara Silampari Lubuklinggau | Ist

Bandara Silampari Lubuklinggau | Ist

LUBUKLINGGAU – Meski Bandar Udara (Bandara) Silampari, Lubuklinggau telah aktif melayani penerbangan Lubuklinggau-Palembang dan Lubuklinggau Jakarta, namun sampai saat ini pengamanan di bandara tersebut masih sangat minim.

Pantauan Kabar Sumatera, hanya terlihat beberapa petugas keamanan yang berjaga-jaga di Bandara Silampari. Kepala Kepolisian Resort (Polres) Lubuklinggau, AKBP Dover Christian L Gaol yang dibincangi Kabar Sumatera, kemarin, mengakui itu.

Menurutnya, saat ini Polres Lubuklinggau hanya memberikan pengamanan terbatas di kawasan Bandara Silampari karena tidak adanya koordinasi baik dari Dishub Lubuklinggau maupun PT Angkasa Pura.

Padahal kata Dover, seharusnya sebuah bandara harus dilengkapi pengamanan khusus. Pemeriksaan ketat harus dilakukan oleh petugas, baik pada saat kedatangan maupun keberangkatan. Tujuanya untuk mengantisipasi penyusup ke Kota Lubuklinggau.

“Koordinasi memang minim, kami sudah menyarankan agar bandara diperketat. Misalnya, kawasan bandara harus ditutup agar orang-orang tidak berkepentingan tidak masuk sembarangan. Harus ada larang merokok di kawasan bandara, penjagaan pun ditempatkan di pintu masuk dan keluar, kemudian disediakan juga areal parkir yang refresentatif,” ujarnya.

Polres Lubuklinggau pun terang Dover, sudah meminta PT Angkasa Pura untuk melengkapi metal detector, petugas jaga di pintu kedatangan dan kelengkapan lainnya agar Bandara Silampari sama seperti bandara pada umumnya.

“Kita tidak boleh lengah, di bandara kita letakkan petugas, pengamanan ketat, pemeriksaan penumpang dan sistem keluar masuk penumpang sesuai aturan yang ada, agar tidak terjadi hal-hal tidak diinginkan,” tegasnya.

Sayangnya permintaan tersebut, belum dipenuhi. Dishub jelasnya, terkesan tertutup berapa personil keamanan yang dibutuhkan untuk pengamanan di Bandara Silampari. “Dishub harus terbuka, apa yang dibutuhkan untuk pengamanan disana dan di koordinasikan dengan kita. Dengan kondisi saat ini, kita hanya melakukan pengamanan terbatas sebab belum ada permintaan pengamanan di Bandara Silampari,” ujarnya.

Sementara itu Kepala Dishu Kota Lubuklinggau, Thamri menyebut pengamanan di Bandara Silampari adalah kewenangan Dishub Musi Rawas (Mura) dan Kementrian Perhubungan (Kemenhub). “ Yang punya wilayah adalah Mura, sementara Kemenhub ikut membantu. Tanggungjawab pengamanan diluar, baru Dishub Lubuklinggau,” tukasnya.

 

TEKS       : T MASRI SYAH

EDITOR      : DICKY WAHYUDI





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster