Kejar Target Pajak Daerah, Dispenda Door to Door Tagih Pajak

 270 total views,  2 views today

Ilst. Pajak

Ilst. Pajak

PALEMBANG – Hingga Oktober, realisasi pajak daerah dari target Rp 2,4 triliun yang dibebankan ke Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda) Sumatera Selatan (Sumsel), baru terealisasi 75 persen. Sisanya, harus dikejar oleh Dispenda dalam waktu dua bulan.

Dengan kondisi itu mau tidak mau kata Kepala Dispenda Sumsel, Muslim, optimalisasi penagihan harus dilakukan. Optimalisasi ini tidak hanya dilakukan dengan sistem entry by name di seluruh daerah yang potensial, tetapi juga dengan menurunkan tim untuk menagih pajak tersebut.

“Seluruh personil yang tidak terlibat di administratif di Dispenda, akan diperintahkan untuk door to door untuk menagih ke Wajib Pajak (WP). Mungkin, jika perlu akan kami umumkan di media massa, WP yang menunggak,” kata Muslim dibincangi, Jumat (31/10).

Koordinasi dengan seluruh penyuluh di Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) terangnya, juga dilakukan agar realisasi pajak bisa tercapai. Dispenda pun terangnya, akan melibatkan pemerintah kota (pemkot) dan pemerintah kabupaten (pemkab) di Sumsel, dalam penagihan pajak tersebut.

Menurut Muslim, realisasi pajak ini sangat penting. Sebab pencapaian target pajak daerah, berimplikasi pada pencapaian Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Sumsel, secara keseluruhan.

Sementara itu Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Sumsel, Laonma L Tobing menyebut, apa yang dilakukan Dispenda untuk mengejar realisasi pajak daerah sudah tepat. “Saya pikir, rencana Dispenda untuk mengumumkan WP yang menunggak pajak ke media massa, sudah tepat. Itu tidak melanggar HAM,” kata Laonma.

Ia mengingatkan, Dispenda mempunyai waktu kurang lebih 40 hari lagi untuk mengejar sisa 25 persen target pajak daerah. Waktu yang sangat singkat ini ujarnya, harus dipergunakan semaksimal mungkin sehingga target tersebut dapat dicapai.

 

TEKS           : IMAM MAHFUZ

EDITOR         : DICKY WAHYUDI

 

 





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster