Dana PKH “Disunat” Pendamping

 354 total views,  2 views today

Ilustrasi Pembagian Dana PKH | Dok KS

Ilustrasi Pembagian Dana PKH | Dok KS

BANYUASIN – Masyarakat miskin yang ada di Kecamatan Makarti Jaya, Kabupaten Banyuasin, merasa kecewa. Pasalnya dana bantuan sosial (bansos) dari Kementrian Sosial (Kemensos) di Program Keluarga Harapan (PKH), diduga disunat oleh tenaga pendamping program tersebut.

Besarannya menurut warga, antara lima persen sampai 25 persen dari total bantuan antara Rp 300 ribu sampai Rp 500 ribu. “Pada tahun 2012 lalu, untuk triwulan pertama dana PKH yang kami terima full yakni Rp 500 ribu. Namun di triwulan dua, dipotong Rp 250 ribu. Sementara di triwulan tiga kami tidak mendapatkannya lagi,” kata salah seorang warga Makarti Jaya yang tidak mau disebutkan namanya saat dibincangi, kemarin.

Koordinator Pendamping PKH Kabupaten Banyuasin, Bahrial yang dibincangi terpisah mengaku, sudah menerima adanya laporan pemotongan dana PKH oleh pendamping tersebut.Menurutnya, laporan tersebut bukan pertamakali diterimanya.

Bagaimana di Makarti Jaya ? Bahrial menyebut, laporan tersebut juga sudah diterimanya. “Adanya informasi ini, akan segera kita cross cek ke lapangan. Masyarakat yang merasa dirugikan, harus ada yang berani melaporkannya beserta bukti jangan sampai sekedar informasi saja,” ujarnya.

Kedua pendamping yang diduga menyunat dana PKH tersebut jelasnya, akan dimintai keterangan. “Nanti, kita tanyakan kepada kedua tenaga pendamping PKH nya mengenai laporan itu,” janjinya.

Sementara itu Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Banyuasin, M Yusuf melalui Kepala Bidang (Kabid) Jaminan Sosial (Jamsos), Ridwan menegaskan, apabila memang terbukti adanya penggelapan dan pemotongan oleh oknum pendamping PKH maka Dinsos akan mengambil tindakan tegas.

Oknum pendamping PKH itu ujarnya, jika terbukti maka akan dipecat bahkan persoalan itu akan dilaporkan ke kepolisian. “Tetapi sebelum itu, kita akan cross chek kebenarannya. Saya kuatit, itu hanya salah komunikasi saja,” tukasnya.

 

TEKS           : DIDING KARNADI

EDITOR         : DICKY WAHYUDI





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster