Usut Tuntas Penyelewengan Bangub 2014

 288 total views,  2 views today

PAGARALAM – Sejumlah warga dari Kelurahan Pagar Wangi Kecamatan Dempo Utara, desak Kepolisian Resort (Polres) Kota Pagaralam, usut penyimpangan pengelolaan dana bantuan Gubenur Sumsel, senilia Rp100 juta untuk setiap kelurahan. Hal itu dikemukakan Ariadi, Ketua RW 1 Kelurahan Pagar Wangi, Kecamatan Dempo Utara, kemarin (29/10).

Menurut Ariadi, adanya dugaan penyimpangan dana Bangub 2014 sudah dimulai sejak pengusulan untuk penyaluran dari kelurahan, karena ada pemalsuan data.

“Ya, dana Bangub ini senilai Rp100 juta untuk tiap-tiap kelurahan. Begitu pula penyalurannya dilakukan melalui rekening Kelurahan Pagar Wangi, setelah itu seharusnya langsung di salurkan kepada warga melalui musyawarah RT/ RW,” katanya.

Sejauh ini dana dimaksud lanjutnya, telah dicairkan dan dibelikan berbagai kebutuhan masyarakat tanpa sepengetahuan perangkat RT/RW dengan alasan sudah melalui musyawarah bersama, padahal belum.

“Kendati demikian, kami sudah melaporkan hal itu kepada Polres setempat terkait dugaan penyimpangan dan penyalahgunaan dalam pengelolaan Bangub untuk Kelurahan Pagar Wangi,” bebernya.

Ariadi mengatakan, pejabat Lurah bukan hanya sudah melakukan tindakan sewenang-wenang, tetapi termasuk pula melakukan pemalsuan tanda tangan semua RT dan RW dalam hal pencairan dana Bangub tersebut.

“Mengenai daftar hadir sejumlah Ketua RT/RW semuanya fiktif, termasuk pengajuan program kegiatan seperti pembuatan   lapangan badminton per RW dan termasuk biaya administrasi kelurahan,” kata Ariadi.

Ia menerangkan,   ada 7 RT dan RW semua tandatangan hadir rapat di palsukan Lurah Pagar Wangi untuk mencairkan bantuan melaui rekening kelurahan.

“Pastinya, kami minta Lurah tersebut diberi sanksi dan dipecat karena tidak prosedural dan melanggar hukum,,” ujarnya.

Ditambahkan, Sajidin Ketua RW 2, tindakan lurah sudah dilaporkan kepada polisi terkait dugaan penyelewengan dana Bangub.

“Kami sudah melaporkan dugaan penyelewengkan Bangub tahun 2014 untuk Kelurahan Pagar Wangi Kecamatan Dempo Utara,” tambahnya.

Sementara itu, Lurah Pagar Wangi Imiliano SE mengatakan, hasil musyawarah rapat penetapan alokasi dana kegiatan pembinaan ekonomi produktif Kelurahan Pagarwangi tahun 2014 sudah dilakukan melalui ketentuan yang berlaku seperti masyawarah.

“Ya, dana Bangub sebesar Rp. 43.800.000 untuk kegiatan administrai kelurahan. Sedangkan sisanya untuk kegiatan di dalam masyarakat,” ujarnya melalui suarat edaran.

Terpisah, Kapolresta Pagaralam AKBP Saut P Sinaga SIK MSi melalui Kasat Reskrim Iptu JK Nababan SSos mengatakan, sejauh ini laporan dugaan penyelewengan dana Bangub untuk Kelurahan Pagar Wangi masih dalam proses lebih lanjut.

“Kita masih mendalami laporan yang masuk, termasuk pula mengumpulkan data pendukung lainnya,” ujarnya singkat.

 

TEKS     : ANTONI STEFEN

EDITOR   : RINALDI SYAHRIL





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster